Yang Dibutuhkan Agar Anak Memiliki Gigi yang Sehat

December 14, 2012 Tips Handal  No comments

Gigi sehat pada anak bisa dipengaruhi oleh faktor genetis dari orangtua, tapi jika dilakukan perawatan gigi yang baik serta pemberian nutrisi yang tepat dari kecil juga dapat menghasilkan gigi anak yang sehat dan indah. Gigi pada anak, entah itu gigi susu atau sudah menjadi gigi permanen perlu nutrisi yang membuatnya kuat dan berfungsi dengan baik.
Nutrisi pertama yang paling penting adalah kalsium. Kalsium di gigi berfungsi dalam menciptakan lapisan enamel dan dentin gigi. Kalsium perhari yang dibutuhkan bagi anak usia antara 1 hingga 3 tahun adalah 700 mg/hari, untuk 4-8 tahun 1000 mg/hari, dan untuk anak usia 9 sampai 12 tahun 1100 mg/hari, sedangkan bagi anak yang umurnya masih di bawah 6 bulan, ASI eksklusif ibu sudah cukup.
Flour adalah nutrisi yang walaupun jumlah yang dibutuhkannya tidak terlalu banyak tapi senyawa ini penting untuk pembentukan enamel, memperlambat hilangnya mineral dari enamel yang menyebabkan karies atau yang disebut demineralisasi, melancarkan remineralisasi enamel yang karies ataupun yang belum berlubang. Intinya jika gigi anak kurang asupan flour maka akan menyebabkan gigi mudah karies atau berlubang.

Dibaca 296 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>