Vitamin Penting untuk Nutrisi Ibu Menyusui

December 27, 2013 Tips Handal  No comments

ibuhandal-Vitamin Penting untuk Nutrisi Ibu Menyusui

Masa menyusui banyak yang bilang periode emas bagi kesehatan bunda dan balita. Setelah menjalani proses melahirkan, bunda tetap mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi ibu menyusui. Diet seimbang pasca melahirkan juga bisa dijalanani tetapi sebelumnya berkonsultasi dulu dengan dokter pendamping bunda.

Apakah aman mengkonsumsi suplemen vitamin untuk nutrisi ibu menyusui

Jika sudah berkonsultasi ke dokter, diet sehat seimbang saat masa menyusui bisa dibarengi dengan asupan suplemen multivitamin dengan dosis yang cukup diperlukan selama bunda menjalani proses menyusui. Suplemen seperti vitamin D dan vitamin B sangat penting bagi bunda saat menyusui. Memang tidak bisa dipungkiri selama masa menyusui akan banyak energi serta nutrisi dalam tubuh yang terkuras. Untuk itulah rasanya tidak ada salahnya jika tubuh bunda diberikan suplemen tambahan.

Jumlah kandungan vitamin sangat bervariasi, bunda bisa melihat lebih dulu label kemasan dan berkonsultasi ke dokter agar vitamin yang bunda konsumsi aman serta cocok dengan kebutuhan nutrisi ibu menyusui yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi ibu menyusui?

Vitamin C

Vitamin C penting bagi ibu menyusui  untuk menjaga kebugaran tubuh saat masa menyusui.

Folat

Folat penting tidak hanya saat kehamilan saja, saat menyusui juga bisa bunda konsumsi.

Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk menjaga kebugaran kulit bunda saat menyusui.

Vitamin A

Suplemen vitamin A penting dikonsumsi karena mampu meningkatkan produksi ASI dalam tubuh.

Vitamin B6

Jika bunda mengkonsumsi vitamin B6 dengan dosis 2 mg per hari akan membantu proses laktasi ASI.

Vitamin B2

Kandungan ASI akan semakin berkualitas jika tubuh mengkonsumsi vitamin B2

Vitamin B12

Vitamin B12 dianjurkan pada bunda dengan pola hidup vegetarian agar tidak mengalami kekurangan vitamin B12.

Kebutuhan nutrisi ibu menyusui bisa dipenuhi dengan suplemen multivitamin atau secara alami melalui vitamin buah dan sayur. Suplemen multivitamin biasanya dipilih bagi ibu yang memilih cara hidup modern karena praktis. Tapi ingat ya bun, mengkonsumsi suplemen nutrisi multivitamin dan vitamin alami sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter agar hasil yang didapat bisa optimal. Semoga bermanfaat ya bun, silakan share atau beri komentar untuk kita saling berbagi informasi ya bun.

Dibaca 518 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>