Trik Agar Anak Tidak Konsumtif

July 25, 2013 Tips Handal  No comments

ibuhandal-Trik Agar Anak Tidak Konsumtif

Perilaku orang tua yang konsumtif bisa saja disebabkan oleh perilaku orang tua yang juga konsumtif. Karena perilaku anak seseungguhnya adalah apa yang dilihat si anak pada orang tuanya. Ketika orang tua mengubah perilaku konsumtif barulah dapat merubah perilaku anak untuk tidak konsumtif. Berikut triknya mengajarkan anak untuk tidak berperilaku konsumtif:

Mengontrol uang

Mengontrol dan menabung uang dapat  membuat anak untuk tidak konsumtif. Bunda dapat memperkenalkan uang pada Si Kecil lalu ajarkan anak untuk memasukkan uang koin ke dalam celengan. Kemudian ajarkan anak untuk mengontrol uang dengan mengajarkannya membagi uang di dalam tiga tempat celengan. Pisahkan uang untuk ditabung, digunakan, disimpan dalam jangka pendek, dan uang untuk diamalkan. Cara ini dapat membuat anak tidak bosan untuk melakukan rutinitas menabung karena ada sebagian uang yang bisa Ia nikmati hasilnya dengan menggunakannya.

Bijak dalam berbelanja

Bijak menggunakan uang dengan cara mengajarkan anak untuk tidak langsung membeli seuatu dengan vara mengahbiskan uang tabungannya dan menabung kembali uang kembalian usai membeli barang yang diinginkan. Bunda dapat memperkenalkan kebutuhan prioritak dan bukan prioritas.

Berkomunikasi mengenai uang

Ajak anak berkomunikasi mengenai uang yang akan Ia belanjakan dengan memberikan pengertian hal lain apa saja yang Ia dapatkan dengan uang yang dimilikinya.

Ajari anak menabung di bank

Menabung di bank akan membuat anak mengert bahwa dengan menabung, Ia akan mendapatkan hadiah selain dapat membeli barang yang diinginkan. Celengan yang hanya bisa menyimpan namun jika ditabung di bank akan ada hasilnya melalui bunga dan bisa memiliki uang lebih dari yang sudah Ia tabungkan. Sebuah studi mengatakan bahwa ternyata orang yang dari kecilnya dibiasakan menabung, saat sudah besar ia akan menjadi orang yang lebih pandai menahan diri.

Dibaca 432 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>