Tips Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

December 6, 2012 Tips Handal  No comments

Moms, tahu enggak kalau tidak semua anak memiliki kekebalan tubuh yang optimal. Ada anak yang sudah sejak lahir mempunyai kekebalan tubuh yang di bawah rata-rata normal. Anak tersebut termasuk anak yang mudah terserang penyakit. Ada juga anak yang sejak lahir memiliki daya tahan tubuh yang kuat, namun karena orang tuanya tidak menjaga asupannya dengan baik, maka kekebalan anak tersebut menjadi lemah.

Contohnya, bila anak tersebut tidak diberi air susu ibu (ASI) sejak ia lahir. Semua tahu bahwa ASI mengandung semua jenis kekebalan tubuh yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak, paling tidak sampai ia berumur 6 bulan.

Selain itu, kekebalan tubuh anak juga bisa lemah apabila gizi mereka tidak tercukupi. Untuk memperkuat kekebalan tubuh, gizi yang lengkap, seperti protein, sangat dibutuhkan. Sebagai contoh bila anak kekurangan protein, anak tersebut akan sering sakit-sakitan, lemah, lesu, dan kecerdasannya pun tidak maksimal.

Agar anak Moms memiliki kekebalan tubuh yang optimal, Moms wajib memperhatikan semua zat gizi dalam menu harian anak-anak. Selain itu asupan vitamin, mineral juga harus mencukupi. Tubuh anak memerlukan mineral, vitamin, dan enzim yang berguna untuk menunjang kekebalan tubuh anak.

Kekebalan tubuh anak Moms juga bisa ditingkatkan dengan imunisasi dasar, seperti BCG, polio, hepatitis B, DPT, dan campak. Dengan imunisasi, tubuh anak Moms akan lebih kuat dalam menangkal infeksi penyakit. Moms harus selalu memperhatikan jadwal imunisasi sejak ia lahir.

Selain memperhatikan gizi anak dan imunisasi, membiasakan anak Moms untuk berolahraga juga bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya. Aliran darah pada tubuh akan meningkat dalam setiap gerak badan dan hal tersebut akan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil.

Sumber: Sevenseas

Dibaca 445 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>