Tips Penting yang Perlu Single Mom Cermati Dalam Mengatur Keuangan

September 2, 2014 Tips Handal  No comments

peluang , cerdas , Investasi

Tidak ada satupun wanita di dunia ini yang ingin menjadi single mom.

Tapi jika hal itu harus terjadi, ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan terutama dalam hal finansial.

Berikut ini beberapa tips yang perlu dicermati :

Jangan Mengandalkan Uang Dari Mantan Suami

Wajar saja jika mantan suami memberikan tunjangan setiap bulan untuk keperluan anak. Tapi, apa harus selalu bergantung padanya? Bukan jalan terbaik jika ibu tetap mengandalkan uang dari mantan suami. Alangkah lebih baik jika ibu bisa mandiri secara finansial tanpa perlu bergantung kepada orang lain terutama terhadap mantan suami.

Pangkas Pengeluaran yang Tidak Penting

Setiap bulan cermati lagi apakah ada pengeluaran yang tidak penting dan perlu dipangkas. Buat perincian finansial secara detail dan teliti. Kuncinya pisahkan antara finansial yang wajib dan tidak. Hal ini penting dilakukan agar arus finansial tidak terhambat ke depannya.

Miliki dana darurat

Besarnya dana darurat bagi single mom minimal 9 kali pengeluaran bulanan yang baru.

peluang , cerdas , investasi

Kerja sampingan

Agar ibu tetap bisa menjaga anak-anak carilah kerja sampingan di rumah yang tidak banyak menyita waktu. Ada banyak peluang kerja sampingan yang bisa ibu pilih misalnya berjualan online, atau mendesain baju sesuai pesanan, menerima pesanan kue, dll.

Siapkan tabungan dan asuransi

Agar kebutuhan anak-anak akan pendidikan tetap terjamin sebaiknya siapkan tabungan dan asuransi pendidikan yang dapat menjamin hingga perguruan tinggi.

Mulailah berinvestasi

Ibu bisa pilih jenis investasi mulai dari emas, saham, reksa dana, atau properti. Atau mulai berwirausaha mandiri di rumah, tidak masalah. Jika ibu bingung, belajar saja dulu dari simulator game DBS Smart Money. Ibu akan belajar mengenal jenis investasi dan mengelola finansial dengan cerdas.

Walaupun sebagai single mom ibu pun tetap bisa memilih untuk hidup bebas dalam mengatur finansial secara mandiri dan meraih kebebasan finansial untuk ibu dan anak-anak. Semangat yah, bu!

Dibaca 505 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>