Tips Ngemil Sehat Untuk Anak

December 19, 2012 Tips Handal  No comments

Ngemil biasa dilakukan anak dalam waktu senggangnya, misalnya ketika menonton TV atau sedang istirahat dalam mengerjakan tugas sekolah. Belakangan banyak yang menyebutkan bahwa ngemil memiliki pengaruh buruk bagi anak, tapi hal tersebut bisa dicegah dengan mengubah jenis cemilan dengan makanan bergizi.
Di bawah ini adalah tips-tips ngemil sehat untuk anak:
1. Hidari memberikan junkfood
Meskipun junkfood terlihat lebih menarik dibandingkan makanan sehat, tapi orangtua bisa mengubah pemikiran tersebut dengan menjelaskan akibat jika terlalu sering memakan makanan tersebut tapi tidak dengan cara yang terlalu menakut-nakuti karena anak akan susah untuk mempercayainya.
2. Pilih makanan yang bersumber dari gandum
Makanan yang bersumber gandum seperti pretzel atau tortila serta sereal gandum yang memiliki kandungan serat yang dapat memberikan energi dengan kekuatan yang lebih lama.
3. Cemilan yang di-mix and match
Dengan mencampurkan cemilan dengan menggunakan berbagai jenis makanan sehat membuat anak tidak mudah bosan. Orangtua bisa mencelupkan buah segar atau biskuit ke dalam minuman yoghurt yang bebas lemak.
4. Cemilan sedikit dipermanis
Dalam memberikan cemilan dengan rasa manis tapi tetap dibatasi jumlah gulanya seperti dengan memberikan pudding bebas lemak, buah beku, frozen yoghurt dan lainnya.
5. Tentukan tempat-tempat si kecil boleh ngemil.
Dengan menentukan tempat ngemil seperti di ruang belajar dan dapur dapat mencegah kelebihan asupan kalori yang tidak baik bagi anak.

Dibaca 335 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>