Tips Merencanakan Kehamilan Kedua

June 19, 2013 Tips Handal  No comments

ibuhandal-Tips Merencanakan Kehamilan Kedua

Apakah Bunda sekarang-sekarang ini merasa sudah waktunya memiliki anak kedua? Jika itu yang akan direncanakan maka Bunda dapat mempersiapkan kehamilan anak kedua dengan tips sebagai berikut:

Mengatur jarak kehamilan

Berdasarkan penelitian bahwa jarak yang aman dari persalinan sebelumnya ialah 27 sampai 32 bulan. Mengatur jarak kehamilan akan membuat bayi kedua Bunda sehat. Jika Bunda sebelumnya melahirkan secara caesar dan ingin kehamilan kedua yang dekat maka sebaiknya terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter.

Melepas alat kontrasepsi

Hentikan pemakaian alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memutuskan untuk hamil lagi. Setelah melepas alat kontrasepsi siklus menstruasi akan normal kembali.

Pemeriksaan pra kehamilan

Periksa kondisi kesehatan Bunda sat merencanakan kehamilan kedua. Jika perlu lakukan tes ginekolog lengkap dengan tes laboratorium untuk memastikan kesehatan Bunda benar-benar siap untuk kehamilan kedua.

Persiapkan psikologis anak pertama

Psikologis dan mental si kakak agar tidak merasa tersisih dan beri pengertian Bunda kepada anak pertama bahwa kehadiran adiknya nanti tidak akan membuat perhatian dan kasih sayang Bunda berubah.

Bunda dapat mengkonsumsi asam folat sebagai persiapan kehamilan, kalau saya saat sedang sibuk dan tidak bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung asam folat secara rutin maka saya atasi dengan meminum susu Prenagen Esensis dengan nutrisi lengkap. Bunda bisa mengkonsumsi susu persiapan kehamilan pada 3 sampai 4 bulan sebelum masa kehamilan.

Sumber artikel kehamilan

Dibaca 761 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>