Tips Mengenal Popok Bayi Bagi Si Ibu Baru

July 27, 2016 Tips Handal  No comments

GBM250320154

Untuk yang baru menjadi seorang ibu, Popok Bayi bukanlah hal yang biasa di dengar dalam kesehariannya. Pasti banyak pertanyaan seputar popok ini, seperti misalnya popok yang mana yang baik untuk dipakai? Apa kelebihan dan kekurangannya? Berapa kali harus ganti dalam sehari? Dan masiih banyak pertanyaan lainnya.

Nah untuk itu, ibuhandal.com akan memberikan sedikit tips untuk kamu mengenal Popok Bayi yang paling cocok dengan si kecil :

Popok Pertama

GBM25032015

Pertama kali menggantikan Popok Bayi pasti kamu bertanya, kenapa kotorannya berwarna hijau dan susah untuk dihilangkan? Tenang, kotoran hijau itu disebut juga dengan meconium, saat bayi kamu mengonsumsi susu, kotoran tersebut nantinya akan berubah dari hitam kehijauan, cokelat kehijauan, lalu kuning. Kamu akan kesulitan membersihkan meconium tersebut dari popok si kecil. Jadi jangan kaget ya, makannya kamu harus hati-hati juga karena jika kotorannya menempel di selimut atau seprai akan susah hilang juga.

Kotoran Yang Tidak Biasa

GBM250320152

Biasanya kotoran bayi yang mngeonsumsi ASI akan beragam warnanya seperti kuning terang, kuning kehijauan, dan biasanya bau amis. Nah kalau warnanya lebih kehijauan, lebih baik kamu konsultasikan ke dokter. Bayi yang mengonsumsi ASI biasanya tidak akan kesulitan BAB. Sedangkan untuk bayi yang mengonsumsi susu formula, kotorannya lebih kuning kecoklatan dan lebih berbau.

Intensitas Mengganti Popok

GBM250320153

Alangkah sangat baik kalau kamu mengganti popok si kecil setiap ia buang air, karena akan membuat ia pun lebih nyaman. Tapi kalau hanya pipis dan itu waktunya di tengah malam, lebih baik kamu menahannya, karena hal itu hanya akan meggangu istirahatnya, kecuali ia buang air besar dan menangis.

Pilih Popok Yang Mana?

GBM250320154

Ada dua jenis popok yang bisa kamu pilih untuk si kecil, yaitu disposable alias Popok Bayi sekali pakai, atau washable alias popok kain yang bisa kamu cuci. Kedua jenis popok ini bisa kamu pilih yang mana saja tergantung sudut pandang dan pilihanmu terhadap lingkungan.

Popok sekali pakai memang tidak ‘hijau’ karena menggunakan kertas dan bahan-bahan yang kurang ramah lingkungan, dan bayangkan jika banyak bayi yang menggunakan popok tersebut, ada berapa ton sampah yang harus dibuang setiap harinya? Sedangkan popok yang dapat dicuci akan membuatmu ribet karena harus mencucinya berkali-kali. Tapi, kedua jenis ini tidak membahayakan untuk bayimu, kok.

Dibaca 477 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>