Tips Mengatasi Stres Pasca Persalinan

January 6, 2014 Tips Handal  No comments

atasi stres pasca persalinan

Masa kehamilan akan berdampak pada berubahnya pikiran bunda dan juga bentuk fisik. Bagi bunda yang baru memiliki pengalaman pertama dalam proses melahirkan cenderung akan mengalami stres. Stres dapat terjadi dalam jangka waktu yang lama seperti setelah persalinan. Walaupun terasa indah menghabiskan banyak waktu dengan buah hati yang baru saja lahir, pasti akan merasa lelah, frustasi, dan kekhawatiran dalam mencoba rutinitas baru yang biasanya rentar terjadi dalam beberapa bulan pertama setelah bunda melahirkan.

Setiap ibu hamil dianjurkan menghindari stres selama kehamilan agar buah hati jauh dari resiko masalah kesehatan. Begitupun setelah menjalani proses persalinan yang dapat memberi dampak serius bahkan dapat menyebabkan tingkat depresi yang mengkhawatirkan lho bun.

Tips mudah atasi stres pasca persalinan

atasi stres pasca persalinan

Diet sehat

Seringkali ibu yang baru melahirkan menjadi sangat sibuk mengurus bayinya sampai melewatkan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat. Menjaga pola makan dapat membantu bunda mengatasi stres pasca melahirkan.

Waktu bermain yang cukup

Menghabiskan banyak waktu bermain dengan buah hati menjadi rutinitas yang baik untuk mengurangi stres karena bunda akan lebih santai sekaligus meningkatkan kedekatan dengan buah hati.

Berlibur

Luangkan waktu bersama suami atau teman untuk berlibur saat bunda merasa penat dan lelah. Bunda dapat menitipkan bayi ke keluarga atu orang yang dapat dipercaya untuk mengurus bayi sementara waktu. Hal ini dapat membantu bunda mengatasi stres pasca melahirkan.

Perhatikan penampilan

Proses kehamilan dan persalinan akan membawa banyak perubahan pada penampilan fisik. Cobalah memakai pakaian yang modis atau sekedar merawat rambut untuk meningkatkan rasa percaya diri dan dapat mengurangi stres yang mendera.

Libatkan pasangan

Mintalah kepada pasangan untuk bekerjasama merawat bayi seperti berbagi waktu tugas mengganti popok atau mengurus yang lainnya. Dengan berbagi tugas rasa lelah pun akan terbagi dan membantu bunda agar tidak mengalami stres pasca melahirkan.

Yoga

Yoga atau meditasi merupakan salah satu ide jitu untuk mengurangi stres serta meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan.

Interaksi sosial

Meskipun telah menjadi ibu usahakan agar tetap menjaga hubungan sosial bunda. Melalui interaksi sosial akan membuat bunda menjadi energik dan bahagia. Mengobrol dapat membagi beban pikiran bunda setelah persalinan.

Bagaimana bunda, sekarang sudah tidak perlu bingung lagi kan untuk mengatasi stres pasca persalinan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya bun.

Dibaca 696 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>