Tips Memilih Tontonan Anak

September 16, 2013 Tips Handal  No comments

ibuhandal-Tips Memilih Tontonan Anak

Begitu banyak macam tontonan di televisi seiring dengan kemajuan teknologi. Namun bagaimana tontonan untuk buah hati kita? Apakah tontonan yang bunda pilih sudah tepat dengan nilai-nilai edukasi yang dibutuhkan anak? Apapun yang anak saksikan di televisi secara tidak langsung dapat berpengaruh bagi kecerdasan anak dan kecerdasan emosional. untuk itu kita perlu memilih tontonan yang baik bagi buah hati Bunda. Apa saja aspek yang sebaiknya diperhatikan?

Bernilai Edukasi

Bunda dapat memilih tontonan atau film yang memiliki nilai edukasi bagi anak. Diantara film yang tersebut adalah Pinokio, Spongebob, dan Laskar Pelangi.

Perhatikan isi konten film

Bunda perlu memperhatikan isi konten film yang dipilih sebagai tontonan anak. Perhatikan yang dilakukan tokoh dalam tontonan, Inti cerita tayangan apakah memiliki pesan positif,  perhatikan agar tidak ada tayangan kekerasan dalam film, perhatikan reaksi anak setelah menonton film tersebut.

Tips agar anak tidak berlebihan menonton televisi karena Bunda tidak selalu dapat mengawasinya setiap hari maka tidak ada salahnya melakukan proteksi awal seperti:

  • Buat kesepakatan kapan anak harus menyalakan televisi.
  • Jangan meletakkan televisi di kamar tidur anak.
  • Luangkan waktu menonton bersama anak walau Bunda sedang sibuk.
  • Jika ada pengasuh, himbau dengan tegas tentang film anak yang boleh ditonton.

Dibaca 425 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>