Tips Memilih Popok Bayi yang Tepat

April 30, 2014 Tips Handal  No comments

Tips Memilih Popok Bayi yang Tepat

Popok merupakan kebutuhan popok ketika bayi baru saja lahir. Penting nih bun supaya kita para bunda agar tidak asal-asalan memilih popok bayi. Kita perlu memperhatikan kenyamanan si kecil saat memakai popok bayi yang kita pilih.

Jenis popok bayi

Secara umum ada 2 macam popok bayi yang sering digunakan yaitu popok cuci ulang (cloth diaper) dan popok sekali pakai (disposable diaper).  Jika bunda memilih popok bayi clodi (cloth diaper) sebaiknya memilih yang berbahan katunagar saat cuaca panas popok bayi ini dapat menyerap keringat dengan baik. Popok bayi cuci ulang harus segera diganti saat bayi buang air kecil karena lebih mudah basah dan tidak menyerap air.

Sedangkan, jika bunda memilih popok bayi sekali pakai maka perlu diperhatikan ukuran popok dengan berat badan bayi. Kulit bayi yang sensitif akan membuat kulit bayi mudah mengalami alergi atau iritasi jika popok yang dipakai tidak cocok atau karena kotoran yang terpapar pada kulit jika popoknya tidak segera diganti.

Memilih popok yang sesuai dengan usia bayi

Tips Memilih Popok Bayi yang Tepat

Memilih popok harus disesuaikan dengan usia bayi bun. Pada usia 0-3 bulan kulit bayi masih sangat sensitif maka bunda memilih popok berbahan lembut. Saat di rumah bisa memakai popok cuci ulang berbahan katun, sedangkan saat bepergian gunakan popok sekali pakai.

Pada usia ini sebaiknya bayi dipakaikan popok berperekat di daerah pinggang alias yang bukan celana. Alasannya di usia ini bayi masih memiliki posisi fetal. Ukuran popok yang sesuai adalah S atau nomor 1 atau 2. Untuk mengetahui ukuran popok, biasanya terdapat di bungkus produk popok bayi sekali pakai.

Sedangkan pada bayi  usia 4-19 bulan yang umumnya sudah sangat aktif bergerak, maka pilihlah popok sekali pakai dengan punya daya tampung tinggi. Selain itu Pilih pula popok yang memiliki pH balance untuk mencegah rusaknya kelembaban kulit. Nah, saat si kecil sudah bisa berdiri dan semakin aktif, popok bisa diganti dengan yang berbahan katun atau popok bayi sekali pakai berbentuk celana .

Waktu penggunaan popok sekali pakai

Popok bayi sekali pakai bisa diganti setiap 3 sampai 4 jam atau lebih cepat saat popok bayi sudah basah karena bisa menimbulkan iritasi. Popok bayi sekali pakai jika sudah penuh maka akan tercium bau dan bunda bisa segera menggantinya dengan yang baru.

Dibaca 729 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>