Tips Membuat Bayi Tidur Nyenyak

June 3, 2014 Tips Handal  No comments

Tom Ryboi Sang Fotografer Ekstrim

Kualitas tidur bayi sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya, jika bayi kurang tidur maka daya tahan tubuhnya pun berkurang dan menjadi rentan terserang penyakit. Perlu diketahui nih bun, ternyata didalam tubuh bayi ada hormon-hormon yang membantu pertumbuhan bayi, hormon tersebut bekerja saat bayi tertidur. Begitu pentingnya kualitas tidur bayi maka perlu diperhatikan beberapa hal agar bayi dapat tidur nyenyak seperti berikut.

Atur suasana tidur

Biasakan anak untuk tidur dengan suasana yang tenang dan temaram agar tubuhnya mengetahui dan beradaptasi dengan waktu tidurnya. Bunda bisa mengatur suasana tidur yang nyaman agar si kecil bisa tidur lebih nyenyak.

Beri susu

Beri si kecil ASI atau susu formula sebelum tidur agar ia tidak terbangun saat tengah malam karena haus dan lapar. Bunda bisa memberikan ASI sebelum tidur dan harus terbangun 2 sampai 3 kali untuk kembali memberikan ASI, karena sifat ASI yang mudah dicerna bayi.

Basuh air hangat terlebih dulu

Jika si kecil dibasuh air hangat akan menjadi tenang dan tertidur nyenyak. Bunda bisa membasuh atau memandikan bayi satu atau dua jam sebelum tidur. Waktu tidur yang diperlukan bayi sekitar 16 sampai 20 jam per harinya.

Pakai popok yang berdaya serap tinggi

Bayi terpaksa harus terbangun dari tidurnya tidak melulu karena lapar dan haus tapi bisa juga karena popok bayi yang dipakainya. Bunda bisa memilih popok bayi yang berdaya serap tinggi dan tentunya nyaman digunakan bayi saat tidur.

Atur pola tidur

Setelah bayi berusia 4 bulan, ia mulai mengenali kapan waktu siang dan malam. Terapkanlah pola tidur bayi saat siang dan tidur malam kepada di kecil. Tidur siang membantu anak untuk memenuhi kebutuhan tidur malam yang kurang. Bangunkan si kecil ketika sudah waktunya makan, sekitar 2-3 jam sekali. Sebaiknya pola waktu tidur siang lebih pendek dari tidur malam.

Dibaca 651 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>