Tips Ampuh Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

October 14, 2014 Tips Handal  No comments

biang keringat, bayi, kulit bayi, minyak telon, gatal-gatal

 Bun, apa adik bayi sering garuk-garuk karena gatal? Itu biang keringat, penyebab sebenarnya adalah tersumbatnya kelenjar keringat pada bayi yang belum sempurna seperti orang dewasa pada permukaan kulitnya.

Gejala si Biang Keringat

Biang keringat ini memiliki gejala bunda, yakni munculnya bintil-bintil kecil berwarna merah yang terkadang berisi air, dan kulitnya terkadang tampak kemerahan. Dan biang keringat ini rasanya gatal dan kulit terasa panas. Muncul pada bagian tubuh yang terlipat dan banyak berkeringat seperti ketiak, lipatan siku, paha, dll.

Mencegah si biang keringat

Untuk mencegah si biang keringat ini ada beberapa cara yang perlu bunda perhatikan seperti :

  • Kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti misalnya kain katun dan jangan terlalu ketat. Pakaikan bayi pakaian yang longgar dan adem untuk tubuhnya.
  • Cek sirkulasi udara di kamar bayi, jangan sampai terasa pengap dan panas. Jika terlalu pengap dan panas, coba perbaiki sirkulasi udara di dalam kamarnya atau pasang AC pada suhu yang sedang agar bayi pun tidak kedinginan.
  • Mandikan bayi secara teratur 2 kali sehari untuk menyingkirkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit si bayi.

biang keringat, bayi, kulit bayi, minyak telon, gatal-gatal

Mengatasi si biang keringat

Jika sudah terkena biang keringat bagaimana cara mengatasinya bunda? Beberapa cara ini ampuh mengatasinya seperti :

  1. Menggunakan minyak telon misalnya konicare yang mengandung 42 % kajuput oil, dan 50% minyak kelapa agar tubuh bayi terasa hangat.
  2. Menggunakan gel pengurang gatal yang dapat memberikan rasa sejuk pada kulit, contohnya gel pengurang gatal dari konicare yang mengandung esktrak bunga hammamelis, dna aloe vera yang dapat meredakan gatal-gatal dan aman bagi kulit bayi.
  3. Jika ingin menggunakan bedak, gunakan bedak tabur atau bedak salycil.

Note : jika kondisi kulit bayi bunda bertambah parah, coba periksakan bayi ke dokter karena mungkin ada gangguan kulit yang diderita bayi bukan si biang keringat biasa.

Dibaca 1145 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>