Tips Alami Atasi Ruam Akibat Popok Bayi

July 12, 2016 Tips Handal  No comments

Tips Alami Atasi Ruam Akibat Popok Bayi

Popok pastilah menjadi kebutuhan bayi yang paling utama. Popok bayi sekali pakai pun menjadi pilihan karena lebih praktis. Dibalik kepraktisannya ternyata popok bayi bisa menyebabkan ruam merah pada kulit bayi. Ruam yang diakibatkan popok bayi bisa menjadi masalah serius jika tidak segera diatasi dengan perawatan kulit bayi yang tepat, terutama jika ruam bersentuhan langsung dengan urine. Kulit bayi masih sangat sensitif jadi untuk mengatasi ruam sebaiknya melalui cara yang alami.

Bagaimana mengatasi ruam pada kulit bayi secara alami?

Tips Alami Atasi Ruam Akibat Popok Bayi

ASI

ASI memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ternyata ASI juga bisa digunakan untuk mengatasi iritasi kulit bayi akibat popok bayi. ASI dapat menyembuhkan ruam secara alami, jadi jangan lupa untuk selalu memberikan ASI kepada buah hati bunda ya.

Memaparkan tepung maizena

Tepung maizena merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengatasi ruam pada kulit bayi akibat popok sekali pakai. Tepung maizena bisa melembapkan kulit secara alami terutama pada kulit bayi yang masih sensitif.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan tepung maizena yang sudah dicampur petroleum jelly lalu paparkan pada kulit bayi.

Baking soda

Bahan dapur seperti baking soda juga bisa digunakan secara alami mengatasi ruam akibat popok bayi. Campurkan dua sendok makan baking soda kedalam bak mandi yang berisi air hangat. Rendamkan bagian kulit bayi yang ruam, biarkan selama beberapa menit lalu keringkan dengan handuk bersih.

Olive oil

Minyak zaitun cukup efektif mengatasi ruam secara alami. Usapkan minyak zaitun pada kulit bayi yang ruam. Selain mengatasi ruam, minyak zaitun bisa menjaga kulit bayi agar tetap kering.

Gunakan popok bayi dengan sirkulasi udara yang baik

Bunda dapat memilih aneka popok dipasaran yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Popok bayi yang memiliki sirkulasi udara yang baik biasanya menggunakan teknologi airy soft system (teknologi permukaan bergelombang, backsheet yang bersikulasi udara) dan Airy Gather yang membuat nyaman dan lembut saat bayi bergerak. Dengan teknologi popok bayi seperti ini maka udara lembab di sekitar pinggang dapat dilepaskan melalui seluruh bagian popok.

Kebetulan saya pilih popok bayi Merries untuk si kecil supaya kulitnya tetap terawat dengan baik karena memiliki bagian yang baik untuk sirkulasi udara popok bayi sehingga nggak bikin ruam deh. Semoga postingan saya bermanfaat ya bun.

Dibaca 689 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>