Tips Agar Puting Susu Tidak Sakit Saat Menyusui Pertama Kali

May 21, 2014 Tips Handal  No comments

Tips Agar Puting Susu Tidak Sakit Saat Menyusui Pertama Kali

Setelah melahirkan anak pertama tentu ada beragam pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah kita alami salah satunya adalah menyusui. Banyak ibu yang mengeluh ketika pertama kali menyusui putingnya terasa sakit. Sebetulnya menyusui jika dilakukan dengan teknikyang tepat tidak akan terasa sakit bun.

Sebaiknya yang perlu diperhatikan adalah baik ibu dan anak harus sama-sama nyaman. Dagu bayi dan payudara ibu menempel. Lalu buat mulut bayi terbuka selebar-lebarnya, bibirnya pun dalam keadaan terbalik (monyong) setelah itu masukkan aerola sebanyak-banyak ke mulut bayi. Saat bagian aerola masuk kemulut dengan dalam maka puting akan terletak di langit-langit mulut bayi yang keras dan lunak, karena bayi saat menyusu menggunakan lidah. Melalui teknik ini maka lecet pada puting bisa dihindari. Pipi bayi yang menggembung dapat dengan mudah menyusu pada bunda.

Saat pipinya dalam keadaan kempot berarti posisi menyusu kurang tepat dan bisa mengakibatkan puting lecet dan si kecil pun akan susah menelan air ASI tersebut. Sebaiknya bunda menyusui dengan posisi cross cradle (memegang bayi dengan tangan kiri), jika ingin menyusui dengan payudara kanan dan posisi football (meletakkan bayi agak menyamping) saat ingin menyusui dengan payudara kiri.

Semoga bermanfaat bunda.

Dibaca 1268 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>