Tips Agar Bunda Bisa Melahirkan Normal

May 23, 2014 Tips Handal  No comments

Tips Agar Bunda Bisa Melahirkan Normal

Kebanyakan bunda yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan pasti menginginkan proses melahirkan secara normal saat nanti waktu persalinan tiba. Operasi Caesar umumnya ditempuh saat bunda mengalami keadaan darurat sehingga bayi tidak dapat keluar melalui jalan lahir secara normal. Ada beberapa hal yang bisa membantu bunda agar dapat melahirkan secara normal lho. Berikut tipsnya:

Lakukan pemeriksaan secara rutin

Bunda perlu memerlukan pemeriksaan rutin pada dokter untuk mengetahui perkembangan janin selama masa kehamilan. Jika menurut pemeriksaan rutin dokter tidak ada masalah maka Bunda masih memiliki waktu yang cukup untuk mengusahakan kelahiran normal sebelum proses melahirkan tiba.

Senam hamil

Bunda dapat melakukan senam hamil untuk menjaga kebugaran selama menjalani masa kehamilan. Melalui senam hamil banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dan tubuh juga terasa lebih rileks. Rasa sakit yang muncul juga akan berkurang dengan melakukan pernapasan selama masa kehamilan.

Jangan takut untuk bergerak dan berolahraga

Bunda tidak perlu khawatir jika ingin bergerak atau berolahraga. Efek positif dari bergerak atau berolahraga dapat melatih kelenturan otot-otot di sekitar pinggul yang nantinya dapat mempermudah proses melahirkan normal.

Hindari penggunaan EFM (Electronic Fetal Monitoring)

Menurut salah satu artikel yang saya baca, sebaiknya ibu hamil menghindari pengunaan EFM (Electornic Fetal Monitoring) jika tidak benar-benar membutuhkan pemeriksaan melalui alat ini karena dapat meningkatkan resiko operasi caesar pada ibu hamil. EFM merupakan alat untuk melihat denyut jantung janin saat perut bunda berkontraksi.

Semoga bermanfaat ya bun, saya doakan agar bunda dapat menjalani proses melahirkan secara normal.

Dibaca 1660 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>