Tips Agar Anak Terbiasa Makan Sehat

February 4, 2013 Tips Handal  No comments

Ibu, bukan karena sulit makan lalu si kecil dibolehkan untuk mengonsumsi makanan kurang sehat. Dengan sedikit kesabaran Ibu atau pengasuh, Si Kecil bisa dilatih dan dibiasakan untuk mengenali dan mengkonsumsi makanan sehat. Ibu bisa memperkenalkan buah dan sayuran yang bisa dilakukan secara bertahap, larangan mengonsumsi makanan kurang sehat pun dilakukan secara perlahan-lahan ya bu.

1. Jangan berikan hadiah makanan tak sehat 

Sebagian orangtua sering memberikan hadiah berupa makan cepat saji jika sang anak tak mau makan atau bahkan ketika ia berprestasi dan bersikap baik. Jika ingin memberi hadiah makanan, pilihlah jenis yang bernutrisi, seperti sayuran atau jus buah dalam bentuk menarik. Jangan lupa, Ibu bisa memberikan info juga tentang manfaat sayuran untuk kesehatannya.

2. Berikan makanan pencuci mulut 

Dessert atau makanan pencuci mulut juga perlu diberikan pada Si Kecil. Dessert yang terbuat dari buah-buahan, bisa diberikan sesudah makan untuk melengkapi asupan nutrisi anak. Si Kecil juga jadi terbiasa mengonsumsi hidangan lezat dan menyehatkan.

3. Info tentang makanan kurang sehat 

Selalu beritahu anak apa saja jenis-jenis makanan yang kurang sehat dan beri pengertian padanya, bahwa jenis makanan ini hanya bisa dikonsumsi sesekali saja.

4. Jangan paksakan untuk terus makan

Anak harus bisa merasakan lapar dan kenyang. Hal ini bisa membantunya menentukan kapan ia harus makan dan kapan harus berhenti. Jadi, jangan memaksakan anak untuk selalu menghabiskan makanannya.
Yuk sharing seputar anak disini

Dibaca 387 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>