Siapa Bilang Mengajarkan Si Kecil Pipis Itu Sulit?

October 7, 2015 Tips Handal  No comments

potty training

Yang namanya ngompol itu adalah hal yang paling sering terjadi dengan anak kecil. Makanya ada yang namanya popok bayi. Biasanya, para ibu akan menanggapi hal ini dengan beragam reaksi. Biasanya kalau masih usia-usia kecil, si ibu akan mengganggapnya wajar. Tapi kalau sudah mulai besar, para ibu akan mulai menegurnya. Sebenarnya, mengajarkan si kecil pipis sendiri itu bukan hal sulit. Memang butuh kesabaran, tapi cara-caranya cukup mudah.

Pengulangan Adalah Kunci

Lihat pola biologis anak. Jika anak biasa pipis dan buang air besar setelah bangun tidur pada pukul 7 pagi, misalnya, begitu ia terbangun dari tidur langsung ajak duduk di pispotnya. Jika tidak keluar apa-apa, beri selang waktu beberapa saat, lalu minta ia kembali melakukan hal yang sama. Harapannya, anak dapat menemukan waktu-waktu tertentu untuk buang air besar atau buang air kecil dan mampu menahan keinginannya sampai menemukan pispotnya. Dengan begitu, ia akan belajar pipis sendiri. Oh ya, gunakan pispot karena ukurannya lebih kecil sehingga lebih aman.

Peran Ayah dan Ibu sama Pentingnya

Mengajari anak untuk pipis sendiri bukan cuma tugas ibu saja. Ayah juga perlu berperan proaktif dalam mengajarkan bagaimana si kecil pipis sendiri. Apalagi jika anak yang akan diajarkan pipis sendiri adalah anak laki-laki. Seperti ibu yang memberikan pengarahan kepada anak perempuan, ayah juga perlu memberikan pengarahan dan contoh yang mendetail kepada si buah hati. Jangan lupa untuk selalu bersabar karena proses ini membutuhkan waktu lama.

Ada baiknya tiap gerakan dan hal yang dilakukan selama proses pipis berlangsung dijelaskan tujuannya kepada sang anak agar anak cepat memahami dan bisa pipis sendiri.

Semoga bermanfaat, bunda!

Dibaca 237 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>