Sarapan Pagi Hari Sangat Penting

August 29, 2012 Tips Handal  No comments

Setiap pagi kita memulai kegiatan kita dan begitu pula yang berlaku pada setiap orang lainnya. Hal pertama setelah bangun tidur dipagi hari biasanya sebagian besar orang melakukan bersih-bersih dan melanjutkan dengan sarapan bagi sebagian orang.

Tercatat di harian Kompas.com mengenai beberapa penelitian menunjukan bahwa sarapan secara rutin dipagi hari adalah sebuah aktivitas yang penting artinya bagi anak-anak, remaja, ibu hamil maupun dewasa. Khusus untuk anak usia sekolah, sarapan pagi secara rutin merupakan hal yang “istimewa” karena mereka yang melakukan mendapatkan manfaatkan kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Pada tahun 2005, para peneliti dari Universitas Florida AS menemukan, anak-anak yang sarapan secara rutin cenderung punya profil unggul dalam nutrisi dibanding yang tidak mendapatkna sarapan secara rutin. Sarapan secara rutin dapat membuat kemampuan memori, hasil tes, serta tingkat kehadiran sekolah.

mereka yang berpikiran bahwa sarapan tidak penting sangatlah keliru. Riset di Harvard AS menunjukan, orang yang melakukan sarapan dengan rutin dan teratur memiliki kecenderungan tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melewatkan sarapan.
beberapa alasan penting sarapan di pagi hari adalah:

Sarapan dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Menunda sarapan hanya akan membuat Anda sulit memperoleh asupan nutrisi dan vitamin yang direkomendasikan. Mulailah melakukan sarapan tepat pada waktunya. Menu sarapan seperti sereal dengan susu atau yogurt rendah lemak plus granula akan memberi cukup kalsium dan serat untuk tubuh Anda.

Sarapan dapat menurunkan berat badan Anda

Ketika Anda beraktivitas dengan perut kosong, pembakaran kalori terjadi dengan lambat. menurut ahli nutrisi Zuckerbrot, R.D., sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme, artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien.

Sarapan memicu kemampuan otak

Riset dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22% lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Ketika Anda bangun dipagi hari energi Anda telah terkuras (baik dalam bentuk glukosa dan glikogen) dan menurut ahlinya glukosa adalah zat yang dibutuhkan oleh otak. Bila zat tersebut tidak tercukupi dalam tubuh maka Anda akan merasa mudah lelah dan berkunang-kunang.

Perlindungan terhadap sakit jantung

Zuckerbrot menjelaskan, serat dapat mengikat kolesterol dan mempercepat eksresinya sebelum mencapai pembuluh arteri. Oleh sebab itu pula, penelitian 10 tahun yang dilakukan Harvard Nurses Health menyimpulkan bahwa asupan serat tinggi berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung hingga mencapai 50 persen.
Biasakan menganggap sarapan adalah hal penting kepada anak Anda agar kebiasaan tersebut masuk ke dalam pola hidupnya.

Dibaca 302 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>