Pilihan investasi yang pas untuk kaum Ibu

August 20, 2014 Tips Handal  No comments

Ibu memiliki peran penting dalam sebuah rumah tangga. Saya merasakan sendiri setelah menjalani posisi sebagai ibu. Kebetulan saya adalah ibu yang bekerja, jadi harus cerdas dalam membagi waktu untuk karier dan rumah tangga.

Bagi para ibu, keluhan yang sering didengar adalah bagaimana menyimpan uang untuk masa depan anak. Banyak teman yang juga bercerita tentang masalah yang sama, akhirnya saya memutuskan untuk menulis tulisan ini.

Ada hal yang ibu perlu ketahui tentang beberapa alasan bsa terjadi masalah keuangan dalam keluarga, yaitu:

– Merasa sudah dalam kehidupan yang nyaman

– Bergantung pada pekerjaan yang sekarang dijalani

– Merasa tabungan sudah cukup

– Terlambat atau bahkan tidak bisa mengelola keuangan

Sementara untuk bisa mencapai kehidupan finansial menurut saya kuncinya adalah kita harus melakukan zakat, asuransi, mengelola keuangan, dan investasi.

Ibu biasanya sudah mengerti soal zakat dan asuransi, namun tidak sedikit yang belum memahami mengelola keuangan dan investasi.

Tips mengelola keuangan

Mengelola keuangan adalah bagaimana cara kita mengatur uang yang masuk dan uang yang dibelanjakan untuk kebutuhan harian selama sebulan. Ibu perlu mengetahui mana yang prioritas dan mana yang tidak.

Hal terpenting setelah menerima gaji bulanan adalah membayar hutang atau tagihan pokok seperti sewa rumah (bila ada), anggaran rumah tangga seperti listrik dan belanja bulanan kebutuhan rumah tangga, bayaran sekolah anak, zakat dan asuransi. Setelah itu sisihkan anggaran harian untuk anggaran harian seperti ongkos kerja dan makan.

Setelah dikelola untuk kebutuhan tadi, sisa uang bisa digunakan untuk investasi. Jika ibu masih kurang mengerti apa itu investasi coba deh menggunakan aplikasi DBS Smart Money dari Bank DBS Indonesia. Aplikasi ini akan memberikan edukasi finansial termasuk memberikan penjelasan tentang investasi. Aplikasi berupa game simulator ini adalah cara unik untuk merasakan investasi secara langsung. Banyak juga instrumen lain yang tersedia melalui aplikasi DBS Smart Money.

Pilihan Investasi untuk kaum ibu berdasarkan jangka waktu

Sedikit gambaran untuk investasi yang pas untuk kaum ibu seperti yang berikut ini:

– Untuk jangka waktu 1-2 tahun ibu bisa coba berinvestasi menggunakan tabungan atau deposito. Dari kedua pilihan ini resikonya kecil karena rekening kita menjadi tanggung jawab pihak bank.

– Untuk jangka waktu 2-5 tahun ibu bisa pilih investasi emas. Menyimpan emas dalam waktu yang lama di bank tentu aman karena kita terbebas dari resiko kehilangan atau kecurian.

– Untuk jangka waktu 5-10 tahun ibu bisa coba reksa dana. Macam-macam bentuk reksa dana juga bisa diketahui dari aplikasi DBS Smart Money.

Selama uang dikelola secara bijaksana pasti kita tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan dan terbebas dari hutang, tapi kita juga bisa mendapat keuntungan. Bayangkan kalau keuntungan itu diakumulasi dari tahun ke tahun. Selamat mencoba ya bu :)

Dibaca 503 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>