Persiapan Persalinan Menjelang hari H Kelahiran

November 29, 2013 Tips Handal  No comments

persiapan persalinan

Menanti kelahiran anak merupakan saat yang paling membahagiakan sekaligus mendebarkan bagi semua calon ayah dan calon Ibu apalagi kalau yang ditunggu adalah kelahiran dari anak pertama itu akan lebih mendebarkan lagi. Bagi anak yang baru pertama kali akan melahirkan tentunya perlu untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum dan sesudah melahirkan. Idealnya persiapan persalinan dilakukan 5 minggu sebelum hari perkiraan kelahiran, persiapan ini tidak hanya untuk calon bayi tapi juga persiapan bagi para calon Ibunya juga.

Persiapan persalinan dilakukan agar proses persalinan lancar dan tidak ada suatu halangan apapun. Hal pertama yang perlu disiapkan yaitu mental dari sang calon orang tua. Persiapkan mental untuk menjadi orang tua, persiapan ini dapat berupa memahami tata cara untuk menjadi orang tua, termasuk merubah kebiasaan buruk ketika sebelum mempunyai anak, siap untuk begadang mengurus anak, dan siap untuk mendidik anaknya kelak agar menjadi anak yang berguna. Mental kesiapan untuk menjadi Ibu harus sudah terbentuk sejak masa-masa kehamilan pada tri semester pertama.

Bagi Anda calon Ibu juga harus mempersiapkan pengetahuan mengenai ASI, jadi ketika pasca persalinan sudah mengetahui bagaimana memberikan ASI yang baik kepada anaknya. Persiapan persalinan yang penting lainnya yaitu tentang perawatan bayi yang baru lahir.

persiapan persalinan

Persiapan persalinan sebelum melahirkan ada baiknya jika calon Ibu berlatih terlebih dahulu untuk menjadi Ibu yang baik yaitu dengan belajar bagaimana merawat bayi yang baru lahir, jadi setelah melahirkan bisa langsung mandiri untuk mengurus buah hatinya.

Persiapan persalinan yang terpenting yaitu siapkan daftar dokter dan rumah sakit tempat Anda akan melakukan persalinan. Dengan mempersiapkan tempat persalinan terlebih dahulu jika sewaktu-waktu akan melahirkan tidak terlalu bingung untuk memilih rumah sakit dan dokter yang akan dituju.

Selain persiapan sebelum persalinan, persiapan pasca kelahiran juga perlu disiapkan seperti pengetahuan mengenai kesehatan anak, mempersiapkan perlengkapan untuk bayi dan calon Ibu. Selain itu yang paling penting yaitu persiapkan dana untuk persalinan. Dana persalinan harus disiapkan jauh-jauh hari agar ketika hari H waktunya tidak akan terbuang sia-sia. Yang tidak kalah pentingnya yaitu siapkan nama untuk calon bayi anda.

Dibaca 249 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>