Persiapan Mental Sebelum Proses Melahirkan

November 20, 2013 Tips Handal  No comments

Ketika masa kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, proses melahirkan sudah ada di depan mata. Itu berarti pertanda bahwa kehadiran si kecil yang telah 9 bulan lebih ditunggu akan segera hadir. Ayah dan keluarga besar mungkin sudah mempersiapkan berbagai keperluan untuk anak yang akan menghiasi keceriaan keluarga.

Sang ibu juga tak kalah mempersiapkan diri dalam menghadapi proses terakhir untuk menghadirkan buah hati ke dunia. semenjak usia kehamilan di atas 6 bulan ibu sudah melakukan senam hamil sebagai usaha dalam mennyiapkan diri menghadapi proses persalinan. Akan tetapi persiapan fisik yang matang akan sia-sia belaka jika mental tidak disiapkan dengan baik.

Pentingnya Mempersiapkan Mental Sebelum Proses Melahirkan

Menghadapi proses melahirkan yang tinggal menghitung hari sering kali membuat ibu sangat khawatir. Kekhawatiran itu bisa sampai terbawa mimpi dan sangat mengganggu mental sang ibu. Jadi selain persiapan fisik, persiapan mental tidak boleh dilupakan. Lalu bagaimana mempersiapkan mental bagi sang ibu sebelum hari yang ditunggu-tunggu tiba?

Siapkah Menjadi Seorang Ibu?

Sering kali pertanyaan di atas muncul bagi yang pertama kali mengandung. Bisakah dia menjadi ibu yang baik untuk buah hatinya, terus terngiang di pikiran mereka. Ketika pertanyaan itu muncul biasanya akan muncul juga gambaran susahnya mengasuh sang anak siang dan malam, merawatnya ketika sakit terasa menjadi beban yang sangat berat. Kehawatiran itu wajar saja terjadi, tapi tidak boleh terlalu berlebihan.

Persiapan Mental Sebelum Proses Melahirkan

Kekhawatiran berlebih itu tanpa disadari akan dirasakan sang janin dan akhirnya akan menghambat proses persalinan nanti. Ajaklah bicara sang suami agar bisa meringankan beban. Jika berbicara dengan suami masih belum meredakan kegundahan hati, mendekatlah kepada Tuhan. Dengan banyak berdoa akan membuat rasa was-was itu hilang dengan pelan-pelan.

Berkonsultasi Kepada Ahlinya

Ahli di sini bukan berarti seorang ahli yang bisa memberikan sugesti. Dokter kandungan yang dipercaya bisa dijadikan sandaran untuk berkeluh kesah. Mereka yang sudah sering kali menangani proses melahirkan pastinya sudah menjadi ahlinya. Sampaikan semua kekhawatiran dan dengarkanlah solusi dari dokter itu. Jangan lupa juga untuk menanamkan pikiran positif untuk memberikan sugesti bahwa proses melahirkan akan berjalan dengan lancar.

Dibaca 653 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>