Perkembangan Otak Buah Hati Sangat Dipengaruhi Oleh Tidur Yang Berkualitas

December 8, 2014 Tips Handal  No comments

ibuhandal2

Tidur merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup, kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan primer yang harus tercukupi dengan pas atau tidak boleh kekurangan maupun berlebih. Bagi para orang tua, hal ini harus diperhatikan karena ternyata Perkembangan Otak Buah Hati juga sangat dipengaruhi oleh hal ini.

Menurut seorang psikolog yaitu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi., mengatakan bahwa sebenarnya hal sederhana yang dapat kita lihat dan simpulkan ketika seorang anak memiliki waktu tidur yang kurang maka biasanya si anak akan menjadi rewel dan susah diatur, sebaliknya jika anak memiliki waktu cukup di tidurnya, ia akan segar dan pastinya akan mampu menjalani kegiatannya seharian.

Selain hal positif tadi, cukup tidur juga akan sangat mempengaruhi Perkembangan Otak Buah Hati anda. Mengapa demikian? Karena pada saat buah hati anda tidur, secara aktif otak menstimulasi yang membuat aliran darah ke otak meningkat selama tahap tidur aktif tersebut atau biasa disebut Rapid Eye Movement (REM).

Psikolog Vera juga mengatakan kalau kecepatan memperbaharui diri lebih besar saat buah hati kita tidur, karena saat tidur sel-sel yang ada di tubuh bayi juga memperbaharui diri.

Setelah kita ketahui berbagai manfaat tidur yang berkualitas tadi yang juga menjadi salah satu faktor penting dalam Perkembangan Otak Buah Hati, lalu berapa waktu tidur yang berkualitas tersebut? Berikut penjelasan dari psikolog Vera.

  • Anak usia dini, yaitu umur 1 sampai 18 bulan (15 sampai 18 jam)
  • Anak usia di atas 18 bulan (8 sampai 9 jam)

Bagaimana dengn kebiasaan tidur siang? Menurut Vera, hal tersebut tidak menjadi masalah, ada atau tidaknya tidur siang, yang penting wkatu tidur yang berkualitas adalah waktu tidur yang kita sesuaikan dengan jumlah waktu tidur yang disarankan.

ibuhandal

Dibaca 308 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>