Pengaruh Melahirkan Normal Terhadap Kesehatan Bayi

November 21, 2013 Tips Handal  No comments

Bisa melahirkan normal merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi wanita. Diibaratkan bahwa seorang wanita akan menjadi ibu sejati jika bisa melahirkan secara normal membuat banyak wanita yang menginginkannya. Sayangnya di era modern seperti sekarang, banyak wanita yang memilih jalan operasi untuk melahirkan.

Tidak ingin merasa kesakitan serta ingin bagian intimnya tetap terjaga bentuknya sering kali dijadikan alasan kenapa mereka melakukan operasi Caesar. Tidak ada yang salah memang dengan pilihan itu. Tapi banyak yang belum tahu bahwa kesehatan bayi akan lebih kuat ketika dia lahir dengan jalan normal dan bukan dari bantuan operasi Caesar yang sekarang banyak dilakukan.

Pengaruh Melahirkan Normal Terhadap Kesehatan Bayi

Pengaruh Melahirkan Normal Terhadap Kesehatan Bayi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di beberapa negara berkembang seperti Amerika Serikat dan Inggris, ditemukan fakta yang cukup mencengangkan. Metode melahirkan normal mengalami penurunan dengan presentase kenaikan melahirkan secara Caesar sebesar 40% di Amerika Serikat dan 30% di Inggris. Padahal ketika mereka memilih melakukan operasi untuk melahirkan, tanpa sadar mereka mengorbankan kesehatan anaknya. Pasalnya ketika bayi lahir dengan jalan Caesar mereka akan membutuhkan waktu selama 6 bulan agar mikrobiota ususnya menyamai dengan bayi yang lahir normal. Dari fakta itu dapat disimpulkan bahwa bayi lahir secara Caesar akan lebih mudah terserang berbagai penyakit daripada bayi yang lahir secara normal.

Teorinya ketika ibu melahirkan normal, bayi akan melewati sedikit perjuangan untuk bisa lahir ke dunia. proses melahirkan itu akhirnya membuat tubuhnya bernsentuhan langsung dengan daerah rektum dan vagina sang ibu. Dari sanalah akhirnya bayi bersentuhan dengan mikrobiota alami. Bersentuhannya tubuh bayi dengan mikrobiota itu yang nantinya akan membuat tubuh bayi lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit. Sedangkan ketika melakukan operasi Caesar bayi dikeluarkan dari jalan yang berbeda. Akibatnya dia tidak bisa bersentuhan langsung dengan mikrobiota alami dari ibunya. Akibatnya salah satu fase penting yang akan mempengaruhi ketahahanan fisik serta pertumbuhannya dilewatkan begitu saja. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa melahirkan normal sangat berpengaruh terhadap kesehatan bayi ke depannya.

Dibaca 417 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>