Menurunkan Demam si Kecil Tanpa Obat-obatan

July 26, 2016 Tips Handal  No comments

demam, si kecil, obat-obatan, menurunkan demam, minyak telon

Saat si kecil demam apalagi jika demamnya cukup tinggi biasanya banyak bunda yang langsung memberikan obat penurun panas. Demam sendiri adalah respon dari tubuh si kecil saat mengalami infeksi yang disebabkan virus atau bakteri.

Bunda sebenarnya bisa menurunkan demam si kecil tanpa perlu bantuan obat-obatan. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan seperti :

Mengompres dahi

Ini cara pertama dalam menurunkan demam si kecil. Bunda dapat menggunakan kain yang sudah dibasahi air dingin dan tempelkan pada dahi si kecil saat dia berbaring. Sekarang ini sudah ada alat kompres berbahan dasar gel yang dapat bunda peroleh dari apotek. Namun bunda harus berhati-hati, jangan membeli yang menggunakan alkohol 70 persen karena justru dapat memicu lonjakan temperatur tubuh si kecil.

Kenakan pakaian yang tipis

Maksudnya agar dapat menyerap keringat aagr sirkulasi panas dari tubuh si kecil ke udara berjalan lancar. Hindari baju tebal dan berlapis yang justru membuat keringatnya sulit keluar. Terkecuali si kecil menggigil, baru bunda boleh menggunakan selimut yang tidak terlalu tebal hingga rasa menggigilnya menghilang.

demam, si kecil, obat-obatan, menurunkan demam, minyak telon

Cukupi kebutuhan cairan

Saat sakit, jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi. Berikan asupan cairan terutama air putih minimal 8 gelas sehari agar metabolisme tubuh tetap berjalan lancar dan si kecil tidak kekurangan cairan. Akan lebih baik jika si kecil juga dibuatkan susu cair hangat yang membantu menurunkan suhu tubuhnya.

Berendam dalam air hangat

Berendam dalam air hangat dapat membantu menurunkan demam si kecil. Alternatif lainnya bunda dapat menggunakan spon dan air hangat. Air hangat yang menguap dari kulit tubuhnya membawa serta suhu tubuh yang tinggi sehingga temperatur tubuhnya menurun. Jadi, saat si kecil demam jangan memandikannya dengan air dingin karena itu dapat membuat mereka demam meninggi, menggigil dan memicu kenaikan temperatur tubuh secara drastis. Setelah berendam, jangan lupa mengoleskan minyak telon hangat agar tubuhnya tidak menggigil dan tetap hangat.

Jangan terkena panas matahari

Panas matahari akan membuat tubuhnya tambah panas, apalagi terlalu terik kepalanya beresiko pusing. Jadi lindungi si kecil dari teriknya panas matahari. Bila perlu jika di kamar ada AC, gunakan dengan batas suhu tidak kurang dari 25 derajat celcius. Atau jika ada kipas angin juga boleh, asal bunda pastikan kekuatan kipas angin rendah atau sedang dan jangan diarahkan langsung pada si kecil.

Dibaca 437 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>