Mengurangi Stretch Mark Pasca Kehamilan

July 16, 2015 Tips Handal  No comments

Mengurangi Stretch Mark Pasca Kehamilan

Kehamilan adalah sebuah anugerah paling indah yang diberikan Tuhan kepada seorang wanita. Melalui tubuhnya, wanita diberi kesempatan untuk membawa kehidupan baru ke dunia. Generasi penerus yang baru. Namun tak jarang kehamilan ini diiringi dengan berbagai kecemasan dan ketakutan. Mulai dari apakah si calon ibu sudah cukup memberikan nutrisi kepada si jabang bayi, bagaimana proses melahirkan nantinya, sampai dengan bagaimana cara menghilangkan stretch mark pasca kehamilan yang agak tidak sedap dipandang mata.

Banyak wanita yang tidak ambil pusing dengan kehadiran stretch mark pasca kehamilan ini karena mudah ditutupi dengan pakaian sehari-hari. Beberapa malah ada yang menganggapnya sebagai trofi. Semacam memento karena telah membawa kehidupan baru ke dunia. Namun tidak sedikit juga yang kalang kabut waktu mendapati ada guratan-guratan berwarna merah atau pucat ini menghiasi perut mereka. Dan golongan yang terakhir ini biasanya akan melakukan secagala cara agar perut mereka kembali seperti sedia kala. Termasuk mengikuti perawatan kulit yang tak jarang menguras kantong dan dompet.

Sebenarnya anda bisa mengatasi stretch mark sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana yang relatif mudah ditemukan. Tapi pertama-tama, sangat wajib hukumnya bagi anda untuk mengenali dulu apa itu stretch mark dan bagaimana bisa terjadi:

Stretch mark merupakan guratan-guratan yang terjadi pada permukaan kulit sehingga menimbulkan bilur yang menonjol dan tidak rata. Guratan ini seringkali muncul pada permukaan perut, pinggang, dada dan lengan ibu hamil atau yang baru melahirkan, namun kondisi ini juga sering muncul pada mereka yang kelebihan berat badan atau sudah obesitas. Kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan hidup, namun kehadirannya cukup membuat wanita tidak nyaman, terutama bagi mereka yang gemar mengenakan bikini atau model.

Baca Juga:Manfaat Protein Bagi Ibu Hamil dan Janin

Salah satu cara untuk mencegah stretch mark pasca kehamilan adalah dengan menjaga kelembaban kulit selama kehamilan. Rutin minum air putih dapat membantu ibu menjaga kelembaban kulit ibu. Selain itu, kendalikan pola makan anda karena selain bisa menjaga asupan nutrisi, melalui pengaturan pola makan anda juga bisa mengurangi potensi obesitas saat kehamilan.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dan stretch mark masih membandel, ibu bisa mengoleskan scrub kopi ke daerah yang ada stretch mark-nya. Kandungan caffeine dalam kopi dikenal dapat membuat anda waspada dan bebas ngantuk, tapi selain itu caffeine dalam kopi ternyata juga bisa membantu kulit anda lebih kencang. Lebih hebatnya lagi, scrub kopi ini tidak harus berpa produk khusus dengan kandungan kopi. Anda bisa menggunakan kopi bubuk atau bahkan ampas kopi yang baru diseduh dengan hasil akhir yang sama. Tentu dengan pemakaian yang teratur.

Caranya cukup mudah:

  1. Kumpulkan ampas kopi atau bubuku kopi yang sudah dibasahi sedikit dengan air hangat di dalam mangkuk. Ada baiknya anda menggunakan kopi tubruk pekat sehingga kandungan caffeine-nya lebih poten.
  2. Raup bubuk kopi tersebut dan oleskan ke daerah ber-stretch mark dengan gerakan memutar. Lakukan selama 3-5 menit.
  3. Diamkan selama satu menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi sampai ada perubahan pada penampilan kulit. Pastikan anda rutin melakukan ini sebelum mandi.

Nah, semoga setelah ini anda tidak dihantui stretch mark pasca kehamilan lagi ya, ibu!

Mengurangi Stretch Mark Pasca Kehamilan

Dibaca 292 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>