Mengontrol Gizi Anak dalam Menghadapi Ujian Sekolah

December 3, 2013 Tips Handal  No comments

Anak Ibu sedang menghadapi ujian sekolah? Agar sukses dalam melaksanakan ujian, ternyata tidak cukup dengan belajar dan belajar. Faktor non teknis terkadang menjadi faktor pembeda. Salah satunya kesehatan dari asupan gizi anak. Agar anak sukses dalam ujian diperlukan gizi yang cukup sehingga anak dapat berkonsentrasi penuh saat mengerjakan soal-soal ujian. Tidak mungkin bukan anak mengerjakan soal ujian, padahal perutnya kelaparan.

Atau mengerjakan soal tapi perutnya sakit gara-gara salah makan. Oleh karena itu pemilihan makanan yang tepat dengan memperhatikan standar gizi yang ada akan sangat membantu anak dalam mengerjakan soal ujian.

gizi anak

Makanan apa saja yang dapat membantu kinerja otak untuk bekerja dan berkonsentrasi?

Beberapa makanan berikut terbukti tidak hanya mengenyangkan perut tetapi juga memberikan suplai energy untuk otak. Yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal kaya akan serat dan tinggi protein. Sebaiknya pilih oatmeal dari biji gandum utuh. Oatmeal mampu mencukupi karbohidrat untuk tubuh, sehingga perut terasa kenyang.

Asupan makanan bernutrisi tinggi untuk gizi anak lain adalah kacang-kacangan dan buah-buahan. Kacang-kacangan mempunyai protein tinggi yang berfungsi sama seperti oatmeal yaitu menjaga perut tetap kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk buah-buahan sebaiknya pilih buah yang mengandung antioksidan tinggi seperti apel, kiwi, blueberry, dan sebagainya. Selain kaya antioksidan, buah-buahan tersebut juga mampu meningkatkan daya ingat jangka pendek.

gizi anak

Selain makanan dengan karbohidrat, protein, dan antioksidan, anak juga membutuhkan makanan yang mengandung asam lemak omega  3. Untuk mencukupi gizi anak selama ujian, asam lemak omega 3 mempunyai peran penting. Asam lemak ini membantu otak dalam meningkatkan kemampuan belajar serta daya ingat anak. Asam lemak omega 3 ini dapat ditemukan di dalam ikan laut seperti ikan salmon, sarden, makarel. Masih kurang?

Bila perlu, ajaklah anak untuk minum kopi saat rehat belajar. Minum kopi dapat menjaga daya ingat jangka pendek karena kopi mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Gizi anak memang penting, namun jangan lupa untuk mendorong anak untuk semangat belajar dan berdoa. Faktor teknis dan non teknis bila dipersiapkan dengan baik tentunya akan menghasilkan hasil yang maksimal.

 

Dibaca 394 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>