Mengenal Warna Pipis Bayi

July 8, 2016 Tips Handal  No comments

Mengenal Warna Pipis Bayi

Jika diperhatikan pada popok bayi saat si kecil mengeluarkan urine warnanya berbeda-beda setiap hari. Apakah perubahan warna pipis bayi ini ada hubungannya dengan kondisi kesehatan bayi? Yuk, bunda kita kenali warna pipis si kecil untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi.

Pipis bayi berwarna kuning jernih

Jika pipis bayi berwarna kuning jernih berarti urine si kecil dalam keadaan normal. Tidak ada perbedaan saat bayi mengkonsumsi susu formula atau ASI. Normalnya, warna urine bayi baru lahir (0-3 bulan) dibandingkan dengan bayi diatas 4 bulan adalah sama. Kecuali bila bayi mendapat makanan tambahan atau mengkonsumsi obat warna urine-nya bisa berubah.

Warna pipis bayi bisa mengindikasikan penyakit?

Bila bunda melihat pipis si kecil pada popok bayi berubah warna, bunda tidak perlu panik namun ada beberapa hal yang sebaiknya diwaspadai yaitu bisa saja warna urine bayi mengindikasikan suatu penyakit seperti infeksi saluran kemih, namun hal ini berlaku jika warna urine bayi berubah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Warna urine yang tidak normal

Perubahan warna urine atau disertai juga bau tak sedap menunjukkan bila urine tidak normal diantaranya jika pipis bayi berwarna:

  • Pink atau merah: kemungkinan terdapat darah dalam urine tersebut atau bisa juga disebabkan karena pewarna makanan.
  • Oranye: kemungkinan urine berwarna oranye disebabkan mengonsumsi pyridium atau rifampisin.
  • Coklat atau hitam: kemungkinan terdapat myoglobin, pigment, empedu, mengonsumsi obat metronizadol atau nitrofuratoin.
  • Biru: kemungkinan terdapat obat methylene blue, infeksi saluran kemih karena pseudomonas (jarang terjadi), penyakit metaboliktriptophan herediter.
  • Keruh: kemungkinan terdapat infeksi pada saluran kemih.
  • Kuning tua: kemungkinan oleh karena mengonsumsi vitamin C, Vitamin B, Betakaroten, jeruk atau wortel.

Apa warna urine jika bayi kurang minum?

Bila bayi cukup minum maka akan buang air kecil 3 – 4 kali sehari atau bahkan sampai 8 kali sehari. Bila bayi kurang minum atau dehidrasi, maka biasanya frekuensi BAK akan berkurang atau jumlah urine sedikit, sehingga warna urine akan terlihat kuning pekat. Ini bisa menjadi patokan bunda apakah si kecil kurang minum atau tidak.

Kini bunda tidak perlu khawatir jika mendapati warna urine pada popok bayi berubah warna. Telusuri dulu penyebabnya dengan mengenal warna urine si kecil. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat ya bun.

Dibaca 9849 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>