Mengenal Keputihan pada Kesehatan Wanita

January 13, 2014 Tips Handal  No comments

mengenal keputihan pada kesehatan wanita

Keputihan kerap menghantui kesehatan reproduksi wanita karena dianggap sebagai salah satu penyakit berbahaya, padahal keputihan hanya merupakan bagian dari siklus normal reproduksi yang mengiringi datangnya menstruasi. Tapi sebagian wanita lalai dan menganggap sepele keputihan saat tidak berlangsung normal. Apas sih keputihan? Keputihan merupakan sekresi cairan di daerah kewanitaan. Agar dapat menangani keputihan pada kesehatan wanita maka kita perlu mempelajarinya.

Jenis keputihan pada kesehatan wanita

Keputihan dibagi 2 yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan tidak normal (patologis), seperti apa detilnya?

Keputihan Normal (Fisiologis)

Keputihan normal yang disebabkan oleh gejala fisiologis biasanya dialami oleh wanita menjelang dan sesudah menstruasi. Cairan yang keluar dari vagina juga bisa dialami saat mendapatkan rangsangan seksual. Keputihan juga bisa terjadi sebelum seorang anak mengalami menstruasi pertama selama 6-12 bulan. Penyebab lain keputihan bisa disebabkan oleh stres dan kelelahan yang mempengaruhi kesehatan wanita. Tanda keputihan normal bisa kita lihat dari bentuk cairannya. Jika cairannya encer dan berwarna transparan, tidak lengket, dan tidak menimbulkan gatal maka keputihan tersebut normal. Kamu tidak perlu panik jika mengalami keputihan seperti ini dan sebaiknya tidak usah buru-buru menggunakan sabun pembersih organ intim karena justru akan membunuh bakteri baik dalam vagina. Kamu cukup memastikan bahwa organ intim harus selalu dalam keadaan kering dan bersih.

Keputihan Tidak Normal (Patologis)

Keputihan tidak normal atau Patologis ditandai dengan munculnya cairan yang kental dan warnanya tidak bening. Apalagi kalau warnanya seperti susu, kuning, atau abu-abu dan menimbulkan bau tidak sedap disertai gatal. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan khusus. Nanti dokter akan memberikan resep berupa antibiotik dengan dosis tertentu. Tidak usah buru-buru membersihkan organ intim dengan sabun pembersih organ intim sebelum berkonsultasi ke dokter karena dapat mematikan bakteri baik di vagina. Keputihan pada ibu hamil juga harus diwaspadai lho.

Sekarang sudah tahu kan apa itu keputihan berikut jenisnya? Kita harus selalu menjaga kesehatan reproduksi wanita agar kesehatan wanita tidak terganggu karena keputihan. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi kamu perempuan muda. Silakan berkomentar atau ingin sekedar berbagi seputar kesehatan wanita.

Dibaca 356 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>