Mengenal Gejala Sakit Perut atau Colic Pada Bayi

February 20, 2014 Tips Handal  No comments

Mengenal Gejala Sakit Perut atau Colic Pada Bayi

Colic atau sakit perut pada bayi merupakan masalah kesehatan yang umum namun sering dikeluhkan oleh bayi. Menangis terus menerus karena bayi belum bisa bicara bisa membuat bunda kebingungan terhadap apa yang membuat bayinya menangis terus menerus. Bisa jadi bayi bunda mengalami gangguan kesehatan berupa nyeri perut. Sebenarnya nyeri kolik mudah diobati hanya saja banyak bunda yang tidak menyadari anaknya sedang terjangkit sakit perut. Sakit perut pada bayi bisa bunda ketahui melalui beberapa gejala yang biasa terjadi jika bayi mengalami sakit perut.

Beberapa gejala colic atau sakit perut pada bayi

Mengenal Gejala Sakit Perut atau Colic Pada Bayi

  1. Kolik dimulai 2 minggu setelah kelahiran bayi. Saat bayi baru lahir tentu ususnya belum berfungsi dengan baik. Hal inilah yang membuat bayi kerap merasakan sakit perut.
  2. Umumnya colic akan mulai hilang saat bulan ke-4 atau 5 karena sistem pencernaan bayi sudah bekerja dengan sempurna. Tapi jika rasa sakit perut bayi masih berlanjut, bunda dapat berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi bayi.
  3. Bayi akan menangis terus menerus selama sakit perut. Jika bayi bunda biasanya kalau menangis hanya saat lapar dan BAB kemudian menangis terus menerus tidak terkendali, ini bisa jadi merupakan gangguan sakit perut yang sedang dirasakannya.
  4. Sakit perut akan dirasakan secara tiba-tiba bisa berlangsung selama 5 menit hingga setengah jam.
  5. Bayi terlihat mengepalkan tangan terus menerus dan tubuh terasa kencang maka kemungkinan sakit perut sedang mendera.
  6. Sakit perut disertai buang air besar merupakan gejala sakit perut (colic) pada bayi.

Cara menangani bayi bunda dari sakit perut (colic)

Hangatkan beberapa handuk kecil di panci nerisi air hangat lalu kompreskan perut bayi untuk melepaskan gas didalam perut bayi. Hal yang serupa juga bisa dilakukan dengan pijatan lembut menggunakan minyak telon atau kayu putih.

Bunda tidak perlu khawatir jika buah hati terkena gangguan kesehatan berupa gejala sakit perut. Perhatikan secara seksama gejalanya lalu tangani dengan tepat. Jika sakit perut masih berlanjut segeralah berkonsultasi k dokter ya bun. Semoga bermanfaat.

Dibaca 874 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>