Mengajari si Kecil Multi Bahasa

October 15, 2012 Tips Handal  No comments

Saat ini, kemampuan berbahasa asing sangat berguna sehingga banyak ibu yang sudah mengajarkan anaknya berbahasa lain selain bahasa ibu, bahkan sudah dimulai saat anak masih kecil. Berikut adalah tips dalam mengajarkan bahasa asing pada anak:

Mulailah sejak dini

Mulailah saat si kecil sudah mulai mengoceh. Ibu tidak perlu khawatir si kecil akan bingung, karena saat usia dini (bayi) si kecil belajar mengelompokkan kata dalam bahasa dengan mengenal bunyi. 

Satu Orang, Satu Bahasa

Si kecil akan lebih mudah belajar bahasa asing bila satu atau kedua orang tua adalah penutur bahasa tersebut. Misal, Ibu menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan si kecil, dan  Ayah yang fasih berbahasa Perancis menggunakan bahasa tersebut ketika komunikasi dengan si kecil. Anak akan mendapatkan paparan bahasa Indonesia dari kakek-nenek dan lingkungan sekitarnya. Namun ingat, harus menggunakan tata bahasa dan pengucapan yang benar sebelum memutuskan menggunakan metode ini.

Ajari dengan Permainan, Lagu, dan Video

Gunakan lagu atau putarkan film saat mengajar bahasa asing agar si kecil dapat menangkap kata-kata baru. Selain itu bisa juga dengan menggunakan sebuah permainan, misal saat melihat anjing, minta si kecil menyebutkan dalam bahasa Inggris.

Selalu Contohkan Cara Bicara yang Baik

Balita yang biasanya berbicara cadel memang lucu tapi jangan ikuti cara pengucapan si kecil. Ibu harus mengucapkan semua kata-kata dengan benar. Bila si kecil salah, bimbing sampai ia bisa, tapi ingat jangan memaksa.

Dibaca 378 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>