Masalah-masalah Umum Pada Kulit Bayi

September 16, 2015 Tips Handal  No comments

baby

Bicara soal kulit bayi, anda bisa memastikan satu hal: mereka rentan terhadap ruam dan iritasi pada tahun-tahun pertama mereka menjejakkan kaki di dunia. Ini disebabkan oleh peran utama kulit manusia sebagai pelindung tubuh dari segala macam elemen yang ada di sekitar lingkungan hidup manusia. Dari sinar matahari, bakteri sampai dengan zat-zat asing yang mungkin memiliki efek negatif pada tubuh. Namun menurut Bernard Cohen, M.D, fungsi ini hanya bisa aktif setelah melalui proses selama satu tahun. 

Awalannya, kulit adalah permukaan tipis, tidak memiliki banyak pigmen, dan tidak dapat mensirkulasi temperatur dengan begitu baik jika dibandingkan dengan kulit anak-anak atau kulit orang dewasa. Hal ini menjadikan kulit bayi membutuhkan perhatian ekstra untuk perawatannya. Butuh bantuan dari luar untuk memastikan kondisinya selalu sehat dan bebas bakteri.

Ada beberapa kondisi kulit yang umum ditemui pada kulit bayi. Berikut ulasan singkatnya:

Ruam Popok

Kondisi ini bisa dilihat dari kulit bayi yang memerah dan bentol-bentol di sekitar area kulit yang tertutup popok. Hal ini karena popok yang lembab dan hangat adalah tempat yang ideal untuk bakteri berkembang biak. Ditambah dengan pipis dan kotoran bayi, ruam popok akan sangat mudah terjadi jika anda tidak berhati-hati. Cara untuk mencegah ini sebenarnya sangatlah mudah; sesering mungkin ganti popok bayi anda dan jaga agar si buah hati tetap kering dan nyaman.

baby2

Ajari Anak Puasa Sejak Dini

Seborrhea

Berwujud ruam yang muncul di kulit kepala, alis, di belakang telinga atau di leher, pipi, dan dada. Kondisi ini biasa ditemui di bayi berumur di bawah enam bulan. Belum ada faktor pasti yang menyebabkan kondisi ini. Wujudnya mungkin akan membuat anda panik karena membuat kulit bayi anda tampak kering, bersisik dan pecah-pecah. Di beberapa tempat bahkan nampak seperti jerawat. Namun tenang saja karena kondisi ini tidak mengganggu bayi anda. Untuk mengatasinya, oleskan baby oil atau minyak zaitun ke permukaan yang terjangkit seborrhea untuk melunakkan sisik-sisik tersebut. Sehingga bisa dengan mudah dikupas dari kulit bayi anda.

Eczema

Kondisi sangatlah gatal dan dapat muncul dimana saja. Meski biasanya tidak akan menjangkiti area popok. Umumnya, eczema menjangkiti area kulit bayi yang kering. Membuatnya tampak merah, berkerak dan mengeluarkan nanah. Apapun bisa menjadi penyebabnya seperti cuaca panas, dingin, pakaian, dan sabun. Untuk mengatasinya, gunakan sabun dengan formula lembut dan bebas pengharum lalu aplikasikan moisturizer. Untuk kasus yang lebih parah, konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan perawatan steroid.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi anda!

Dibaca 274 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>