Manfaat Mengajarkan Olahraga Renang Sejak Dini Pada Anak

November 19, 2013 Tips Handal  No comments

Olahraga renang merupakan salah satu jenis olahraga yang kaya akan manfaat. Dari gerakanya sudah bisa dilihat bahwa dalam berenang seluruh tubuh akan bergerak sehingga semua otot dalam tubuh akan terlatih. Jika ada beberapa jenis olahraga lain yang hanya melatih bagian tubuh tertentu saja, berenang merupakan paket komplit karena semua bagian tubuh ikut andil dalam melakukannya.

Salah satu fenomena baru sekarang ini ialah mengajak anak-anak yang masih sangat kecil untuk berlatih renang. Selain dari orang tua sendiri, ada beberapa sekolahan yang mewajibkan anak didiknya mengikuti jadwal berenang itu. Sebenarnya bagaimana pendapat beberapa orang mengenai olahraga ini diajarkan kepada anak?

Manfaat Mengajarkan Olahraga Renang Sejak Dini Pada Anak

Manfaat Menagajarkan Olahraga Renang Sejak Dini Pada anak

Manfaat olahraga renang untuk orang dewasa sudah pasti tidak diragukan lagi keabsahannya. Berbeda cerita dengan anak-anak yang masih kecil dan masih belum paham bagaimana melakukan olahraga yang cukup membahayakan bagi yang tidak mengapung di atas air. Anak yang notabene masih belum memiliki skill berenang, tetap boleh diajarkan untuk berenang.

Ada banyak manfaat yang didapatkan jika anak sudah diajarkan berenang sejak dini. Seperti menurut kesaksian ibu muda satu ini. Rizky Nurul Wachidah memiliki anak pertama bernama Laila. Nurul mengenalkan buah hatinya dengan dunia renang pada usia 4 bulan. Ketika itu dia masih menggunakan pelampung agar anaknya terbiasa dengan kolam. Latihan dilakukan satu bulan sekali dan terus meningkat menjadi dua minggu dan akhirnya satu minggu sekali.

Dari latihan olahraga renang rutin itu, Nurul menemukan sebuah fakta bahwa Laila buah hatinya lebih lincah dan tangkas di usia ke-17 bulan ini. Laila ternyata tampak lebih tangkas dan cerdas dengan teman-teman seumurannya yang belum mengenal aktivitas berenang.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Selandia Baru, Amerika Serikat dan Australia. Seorang peneliti bernama robyn Jorgensen meneliti lebih dari 7000 orang yang memiliki anak di bawah usia 5 tahun. Penelitian yang berlangsung selama 3 tahun ini membandingkan antara anak yang dilatih berenang dan tidak. Dan terbukti anak yang dilatih olahraga renang sejak dini, memiliki sejumlah kemampuan yang muncul lebih cepat daripada teman yang tidak melakukan aktivitas berenang. Jadi bisa disimpulkan kalau mengajarkan olahraga renang sejak dini itu baik karena akan memberikan efek bagus bagi anak-anak.

Dibaca 382 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>