Makanan Sehat Saat Hamil Muda

April 2, 2013 Tentang KehamilanTips Handal  No comments

ibuhandal-Makanan Sehat Saat Hamil Muda-1

Ketika menjalani masa kehamilan, asupan nutrisi yang dikonsumsi sebaiknya perlu diperhatikan agar kesehatan janin dapat terjaga dengan baik. Pada awal kehamilan janin rentan untuk berpotensi keguguran. Bunda sebaiknya tidak membiarkan perut dalam keadaan kosong karena bisa menyebabkan mual dan muntah, alangkah baiknya jika makan dalam jumlah sedikit namun intensitasnya sering.

Kandungan gizi yang dikonsumsi Bunda akan mempengaruhi pertumbuhan janin. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan bergizi sejak kecil akan memiliki peluang melahirkan bayi sehat tanpa komplikasi dan memiliki produksi ASI yang baik.

Apa saja makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi?

Sayuran, buah, kacang-kacangan, susu, telur dan yoghurt bisa menunjang kesehatan bunda di awal kehamilan. karbohidrat yang dibutuhkan pada masa ini yaitu sekitar 285 kilokalori dalam sehari yang bersumber dari nasi, jagung, mie dan kentang. Protein pada awal kehamilan berguna untuk pembentukan jaringan tubuh bayi. Saat hamil tubuh membutuhkan 12 gram dari perkilo gram berat badannya. Protein bersumber dari daging, telur, ikan, kacang-kacangan, tempe dan tahu.

Zat besi berguna bagi plasenta ibu hamil, agar janin mendapat asupan makanan dan gizi yang baik. Zat besi juga diperlukan saat persalinan karena Sang ibu akan kehilangan banyak darah. Zat besi bersumber dari daging, hati, dan sayuran hijau.

Vitamin B6, B12, B1, B2, D, dan C diperlukan pada masa awal kehamilan yang bersumber pada sayuran, buah, susu, dan yoghurt.

Sumber artikel kesehatan

Dibaca 637 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>