Kenali Tiga Jenis Alergi Popok Bayi

July 14, 2016 Tips Handal  No comments

Kenali Tiga Jenis Alergi Popok Bayi

Apakah popok bayi yang dipakai si kecil membuatnya merasa tidak nyaman dan menimbulkan alergi? Bunda pasti khawatir ya jika si kecil mengalami ruam-ruam pada kulitnya. Anak saya beberapa waktu yang lalu juga pernah mengalami hal serupa. Saat berkonsultasi ke dokter, ternyata sebelum kita memberikan obat pada ruam kulit tersebut, kita harus tahu dulu jenis alergi popok bayi yang membuat kulit ruam. Ternyata alergi popok bayi ada 3 jenis loh bun.

Contact Diaper Rash

Alergi yang satu ini umumnya timbul di daerah kaki, pinggang, dan bokong. Gejalanya terlihat seperti bekas gatal atau benjolan kecil seperti biang keringat. Alergi Contact Diaper Rash muncul akibat kulit bayi alergi terhadap bahan popok yang dipakai. Bisanya alergi jenis ini mucul karena kulit bayi alergi terhadap bahan sintestis. Jika buah hati bunda memiliki paha yang gemuk, bunda bisa memilih popok yang terbuat dari serat alami untuk menghindari ruam pada kulit akibat popok bayi yang tidak cocok. Alergi contact diaper rash bisa diatasi dengan salep khusus dan mengubah kebasaan pemakaian popok bayi.

Amonia burn

Jenis ruam amonia burn akan terlihat seperti luka bakar. Alergi seperti ini umumnya berbentuk bulat dan berwarna kemerahan. Penyebab alergi ini disebabkan kulit bayi yang sensitif terhadap kelembapan popok bayi. Cara mensiasatinya adalah sesering mungkin mengganti popok bayi dan gunakan krim lembut untuk mencegah iritasi pada kulit.

Alergi amonia burn bisa diatasi dengan salep khusus dan mengubah kebasaan pemakaian popok bayi.

Alergi Jamur Candida

Ruam akibat alergi jamur candida mirip dengan jerawat yakni terlihat seperti benjolan kecil. Biasanya ruam ini akan terlihat di daerah kelamin bayi menyebar ke paha, perut, pinggang, dan lipatan genital. Alergi jamur candida rash bisa diesmbuhkan dengan obat dan perawatan khusus dari dokter.

Kini kita sudah tahu ya bun tentang 3 jenis alergi kulit si kecil akibat popok bayi yang kurang tepat. Semoga bermanfaat bunda.

Dibaca 724 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>