Kenali Gejala Alergi Susu Formula

September 30, 2015 Tips Handal  No comments

alergisusu

Susu formula adalah salah satu sumber protein yang biasa dikonsumsi oleh bayi. Namun ada kalanya bayi atau anak anda akan menunjukkan gejala-gejala yang membuat anda khawatir setelah mereka meminum susu. Gejalanya beragam; iritasi kulit sampai dengan gangguan pencernaan. Jika tanda-tanda ini muncul, ada baiknya anda mempertimbangkan adanya kemungkinan alergi susu.

Alergi susu adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh keliru melihat protein susu sebagai sesuatu yang harus dilawan oleh tubuh. Ini akan memicu reaksi alergi, yang akhirnya menyebabkan bayi menjadi rewel dan lekas marah, serta sakit perut dan gejala lainnya. Umumnya, bayi yang alergi terhadap susu sapi juga alergi terhadap susu kambing atau domba, dan sebagian lainnya juga alergi terhadap protein yang terdapat dalam susu kedelai.

Biasanya, alergi susu akan sembuh dengan sendirinya pada saat anak berusia 3 sampai 5 tahun, tapi sebagian anak lainya juga tidak bisa lepas dari alergi susu hingga remaja.

Perlu diingat, bahwa alergi susu sangat berbeda dengan intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu mencerna gula laktosa. Kondisi ini cukup jarang terjadi pada bayi namun lebih sering terjadi pada anak-anak yang lebih tua atau orang dewasa.

Untuk mewaspadai alergi susu, ada beberapa gejala yang bisa anda perhatikan. Diantaranya:

  • Mencret (bisa saja mengandung darah)
  • Muntah
  • Tersedak
  • Menolak makan
  • Kolik dan lekas marah
  • Ruam kulit seperti eksim.

Perlu diingat bahwa gejala alergi susu kadang tidak langsung muncul. Ada juga yang terjadi secara berkala atau bahkan di jangka waktu yang agak lama setelah anak anda minum susu. Untuk itu, cermat-cermatlah anda dalam memantau kondisi buah hati.

Dibaca 291 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>