Kebiasaan Balita yang Perlu diperhatikan

November 15, 2013 Tips Handal  No comments

Kebiasaan Balita

Seiring berjalannya waktu orang tua biasanya menemukan kebiasaan balita yang kadang membuat orang tua jengkel. Di samping itu ada juga kebiasaan yang membuat orang tertawa karena balita terlihat lucu. Kebiasaan yang muncul di dalam kehidupan seorang balita hampir tidak bisa dihindari.

Hanya sedikit balita yang tidak memiliki kebiasaan ketika masa pertumbuhannya. Sebagai orang tua dalam menghadapi kebiasaan buah hati haruslah dengan cara yang bijak. Selain mengarahkan agar bisa menghindarinya juga harus diperhatikan dengan baik-baik agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Kebiasaan Balita yang Harus diperhatikan

Salah satu kebiasaan balita yang umum ditemukan adalah menggigit jempol ataupun jari terlalu lama. Kebiasaan itu biasanya terjadi sebagai sarana insting alami mereka menenangkan diri dari berbagai hal yang membuat mereka tidak nyaman. Meskipun begitu kebiasaan menghisap jempol tersebut memiliki dampak buruk jika terus dilakukan hingga dewasa. Ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi selama masa tumbuh kembangnya. Mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling komplek.

Kebiasaan Balita

Kebiasaan balita dalam menggigit jari bisa berdampak buruk dalam pertumbuhan giginya. Balita yang sering menggigit jempol memiliki potensi besar gigi bagian atas tumbuh tidak rata. Selain itu gigi atas biasanya akan lebih ke depan posisinya dibandingkan dengan gigi bagian bawah. Tentunya mengkhawatirkan bukan jika tidak segera ditangani?

Dampak lainnya adalah kesehatan pencernaan balita. Kita tahu sendiri bahwa balita sering kali menyentuh berbagai benda yang ada di sekitarnya. Benda-benda itu bisa saja dihinggapi banyak kuman. Dari situ kuman bisa masuk karena digigit oleh balita. Jika kuman yang masuk ke dalam tubuh merupakan jenis kuman yang berbahaya, akan membuat balita mengalami masalah pecernaan seperti diare.

Dampak lain dari kebiasaan menggigit jari ialah keanehan di dinding atas mulutnya. Akan tetapi keanehan itu akan sembuh dengan sendirinya seiring berhentinya kebiasaan tersebut. kebiasaan memasukkan benda ke dalam mulut balita juga tidak boleh diperhatikan. Banyak kasus terjadi anak menyukai benda yang tidak lazim dimakan karena terbiasa memakannya ketika balita. Jadi ibu harus bisa mengawasi buah hatinya agar tidak memasukkan benda yang membahayakan dirinya. Kedua kebiasaan balita di atas harus menjadi perhatian karena dapat mengganggu pertumbuhannya sekarang atau akan datang.

Dibaca 382 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>