Jangan Panik Saat Si Kecil Demam

January 3, 2013 Tips Handal  No comments

Sebagai orangtua kita tidak perlu panik saat anak demam, karena demam bukan penyakit tapi hanya gejala. Ikuti tips berguna berikut ini sebagai penanganan awal ketika anak demam:

  • Ukur suhu badan si kecil dengan termometer dan bukan dengan tangan karena tangan kita bukan pengukur suhu yang akurat. Taruh termometer di ketiaknya dan kita harus pastikan ketiak si kecil tidak berkeringat. Jika suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat celcius tapi masih di bawah 38 derajat celcius, berikan ia minum yang banyak, memakai pakaian yang tidak tebal dan mampu menyerap keringan, dan letakkan si kecil di ruangan yang memiliki ventilasi yang baik (sejuk).
  • Jika suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celcius, lakukan hal seperti di atas dengan memberikannya paracetamol khusus untuk anak. Kompres kening, leher, ketiak, dan pernya dengan air hangat dan pastikan ketika mengompres kain kompresnya tetap hangat.
  • Jika sudah dua hari demamnya tidak turun juga, segera bawa si kecil ke dokter.
  • Jika suhu tubuhnya lebih dari 40 derajat celcius dan memiliki riwasat kejang maka harus segera dibawa ke dokter.

Sumber

 

Dibaca 334 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>