Inilah Manfaatnya Jika Ibu Melahirkan Normal

November 30, 2013 Tips Handal  No comments

Salah satu proses yang memerlukan perjuangan berat dari para perempuan adalah melahirkan. Bagi para ibu yang telah melalui proses ini pasti tahu betul bagaimana pengalaman berjuang untuk melahirkan buah hatinya. Saat ini ada banyak metode untuk persalinan. Salah satu yang dikenal adalah operasi Cesar, selain dengan melahirkan normal.

Sekalipun memungkinkan untuk melahirkan secara normal, sebagian ibu memilih untuk melakukan operasi ini karena bisa dipercepat prosesnya. Tapi, tahukah ibu, bahwa melahirkan dengan cara normal justru memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak didapat dari melahirkan dengan cara lain.

melahirkan normal, manfaat memilih melahirkan normal, persalinan normal, proses persalinan

Melahirkan normal memang memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah hubungan ibu dan bayi yang lebih erat. Ibu lebih cepat tanggap tangisan dari bayi. Hal ini dikarenakan ibu dan bayi sama-sama melakukan perjuangan saat proses persalinan sehingga membuat ikatan batin keduanya lebih kuat. Lebih dari itu, keterikatan juga ditunjukkan oleh bayi. Ia akan lebih mudah untuk disusui. Keterikatan batin tersebut membuat ibu dan bayi lebih mudah bekerja sama dalam kegiatan menyusui.

Melahirkan normal juga membuat ibu lebih mudah untuk pulih jika dibandingkan dengan melakukan operasi. Perjuangan yang ibu lakukan memang lebih berat saat proses persalinan normal. Namun tidak perlu kaget bila beberapa jam ibu sudah bisa bergerak meninggalkan tempat berbaringnya. Ia bahkan sudah bisa bergerak dengan bebas sehari setelah melahirkan. Ibu tidak perlu khawatir dengan rasa sakit karena jahitan yang belum kering. Kelebihan ini bisa dimanfaatkan oleh ibu untuk segera menjalin kedekatan dengan bayinya sendiri.

melahirkan normal, manfaat memilih melahirkan normal, persalinan normal, proses persalinan

Ada satu lagi kelebihan yang tidak boleh diabaikan oleh para ibu. Melahirkan normal ternyata bisa membuat bayi lebih sehat. Beberapa penelitian menunjukkan kelebihan ini. Bayi yang dilahirkan dengan normal akan memiliki paru-paru lebih kuat. Ini karena ada oksigen yang diangkut ke jaringan dalam tubuh bayi saat ia melewati vagina. Dengan demikian, bayi akan memiliki resiko sakit yang lebih rendah. Jadi, bagi ibu yang belum siap untuk melakukan persalinan normal, tidak ada salahnya bukan berjuang sedikit lebih keras demi manfaat yang akan didapatkan setelah melahirkan?

Dibaca 1904 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>