Ibu Handal Mangatur Manajemen Keuangan Keluarga

November 14, 2013 Tips Handal  No comments

Manajemen Keuangan Keluarga

Dalam membangun sebuah keluarga yang harmonis, manajemen keuangan keluarga merupakan salah satu hal yang mendukungnya. Dengan manajemen yang baik mengenai sirkulasi keuangan dalam sebuah keluarga, dapat membantu mengatasi masalah finansial yang sering menjadi awal keretakan rumah tangga.

Idealnya ibu rumah tangga yang berperan penting dalam urusan dapur menjadi pemegang kendali keuangan keluarga. Maka dengan begitu suami istri akan melengkapi satu sama lain. Suami pencari nafkah dan istri yang mangatur segalanya di rumah.

Manajemen Keuangan Keluarga Bagi Ibu Rumah Tangga

Ada banyak alasan kenapa manajemen keuangan keluarga sangat pas diserahkan kepada para ibu rumah tangga dibandingkan dengan ayah. Selain faktor bekerjasama dalam mencari nafkah dan mengaturnya, kepercayaan itu memiliki beberapa maksud. Yang pertama ibu rumah tangga menjadi orang yang sering bersentuhan dengan sirkulasi keuangan keluarga seperti kebutuhan bahan pokok serta kebutuhan lainnya.

Manajemen Keuangan Keluarga

Jadi dengan tugas tersebut akan lebih memudahkan ibu membuat catatan pengeluaran dan juga pemasukan. Ketelatenan sang ibu dalam mengelola baik itu membagi mana keperluan premier dan sekunder serta pembukuan menjadi nilai lebih kenapa tugas itu diserahkan kepada ibu.

Untuk mengatur manajemen keuangan keluarga, untuk lebih mudahnya ibu bisa menggeneralisir mana kebutuhan pokok dan mana kebutuhan non pokok. Setelah itu buat daftar kebutuhan setiap bulannya dan belanjakan dalam satu waktu. Dengan begitu pengeluaran akan lebih tertata dengan baik. Jika ada kebutuhan mendadak tetap bisa dilakukan dengan tetap memasukkannya ke dalam catatan. Buatlah pembukuan yang rapi sehingga dana yang masuk dan keluar akan tercatat dengan jelas.

Secara sederhana bentuk pembukuan itu ada tanggal, debit, kredit, saldo dan keterangan. Banyak sekali manfaat dari pembukuan itu. selain memudahkan mengatur sirkulasi keuangan keluarga, buku itu juga bisa mengontrol pengeluaran keuangan. Sehingga uang tidak akan habis dalam satu bulan gaji. Ada beberapa lembar uang yang dimasukkan ke dalam tabungan sebagai antisipasi kebutuhan mendadak yang memerlukan biaya banyak. Itulah pentingnya ibu handal dapat mengatur manajemen keuangan keluarga. Dengan begitu segala hal dapat direncanakan dan hidup akan semakin indah.

Dibaca 553 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>