Ibu Handal Kasih Tips Sahur Sehat di Bulan Ramadhan

July 25, 2013 Tips Handal  No comments

ibuhandal-Ibu Handal Kasih Tips Sahur Sehat di Bulan Ramadhan

Sahur saat bulan Ramadan merupakan rangkaian dari ibadah yang harus dijalankan dan manfaatnya bagi kesehatan agar saat berpuasa di siang hari stamina kita tidak drop yang mengakibatkan kita bisa jatuh sakit. Seperti apa sih tips sahur yang tepat dan sehat?

Di malam hari sebaiknya segera tidur setelah salat tarawih, jangan begadang dan usahakan tidak melakukan kegiatan lain yang dapat mengurangi jam tidur. Bau mulut selalu menjadi bagi orang yang berpuasa, tipsnya agar mulut tidak bau saat berpuasa yaitu saat sehabis santap sahur langsung bersegera menggosok gigi. Sebab sisa makanan setelah sahur yang menempel di mulut dalam 2 menit akan menjadi cepat asam dan menyebabkan bau mulut. Sebaiknya kurangi makanan yang mengandung rasa manis atau karbohidrat karena dapat mempercepat metabolisme mulut menjadi asam.

Sehabis santap sahur disarankan untuk tidak langsung tidur karena bisa menyebabkan Refluks Esofagus (kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus). Jika Refluks Esofagus terjadi maka makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju kerongkongan yang juga membawa asam lambung. Jika Bunda memiliki putra putri yang mulai berpuasa juga harus memperhatikan pola makan Si Kecil di Bulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat

Dibaca 435 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>