Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Menyesuaikan Tumbuh Kembang Balita

December 2, 2013 Tips Handal  No comments

Balita merupakan masa tumbuh kembang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang bayi. Saat balita anak akan banyak mengalami peningkatan tumbuh kembangnya. Tumbuh kembang balita dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, faktor yang terpenting tentunya ada di tangan orang tuanya. Bagi Anda yang memiliki anak balita sebaiknya mulai lah untuk memberikan pendidikan non formal terlebih dahulu, seperti menyekolahkannya di PAUD atau TPA terdekat. Berkembangnya yang sangat menonjol adalah perkembangan emosional anak.

Setiap anak memiliki tingkat emosional yang berbeda-beda. Untuk menghadapi anak yang memiliki tingkat emosional tinggi tentunya orang tua harus memiliki kesabaran yang ekstra. Tumbuh kembang anak balita tidak hanya pada emosional juga tapi juga pada tubuh yang semakin membesar.

tumbuh kembang balita

Sering berjalannya waktu anak pasti akan mengalami perubahan baik perkembangan fisik ataupun psikis. Perkembangan fisik berupa tinggi badan, berat badan, sedangkan faktor psikis berupa keadaan jiwanya. Dalam memberikan perilaku juga tentunya berbeda karena karakteristik setiap anak berbeda-beda jadi tumbuh kembang balita juga berbeda.

Hal yang dapat dilakukan untuk membantu tumbuh kembang balita yaitu selalu perhatikan perubahan yang ada pada anak. Berikan perhatian khusus pada anak, berikanlah pendidikan yang sesuai dengan umurnya. Selain itu berikan anak ruang kebebasan untuk melakukan hal yang dia mau, tapi tetap lakukan pengawasan.

Sering pula untuk memberikan anak pujian, dengan pujian anak akan merasa bahagia dan keberadaannya ternyata dianggap. Berikan stimulans positif terhadap anak. Stimulans positif ini dapat berupa pelukan, pujian, dan juga hadiah.

tumbuh kembang balita

Pemberian stimulans yang positif ini dapat membantu tumbuh kembang balita menjadi semakin baik dan bagus. Selain itu sampai bayi umur dua tahun berikanlah ASI secara terus menerus. Sudah terbukti jika anak yang meminum ASI akan memilah tumbuh dan kembang yang bagus dibandingkan dengan anak yang besar dan dikembangkan hanya dengan susu formula.

Selain itu pemberian ASI juga baik untuk kesehatan pencernaan dan begitu pula baik untuk perkembangan kognitif atau kecerdasan anak. Anak yang memiliki perkembangan yang bagus dapat menjadikan anak memiliki kecerdasan diatas rata-rata.

Dibaca 281 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>