Dongeng Sebelum Tidur Ternyata Bisa Menstimulasi Imajinasi

August 11, 2015 Tips Handal  No comments

Dongeng Sebelum Tidur Ternyata Bisa Menstimulasi Imajinasi

Anda tentu memiliki pengalaman masa kecil masing-masing yang sampai sekarang masih terkenang. Terutama yang dulu menjadi rutinitas orangtua anda, tak jarang anda akan menerapkannya dalam pola perawatan buah hati anda sekarang. Salah satu yang mungkin paling berkesan di antara semuanya adalah saat-saat dongeng sebelum tidur.

Ingatkah anda saat ayah atau ibu anda dulu menceritakan dongeng-dongeng sebelum tidur pada anda? Entah itu dari buku, karangan sendiri, pengalaman masa kecil atau dongeng tradisional yang sudah diceritakan turun-temurun seperti Si Kancil, Timun Mas, BAwang Merah dan Bawang putih, serta masih banyak lagi.

Cuma sayangnya, kebiasaan ini makin lama makin ditinggalkan seiring dengan perkembangan zaman. Kini anak-anak lebih memilih menonton televisi atau main dengan gadget mereka sebelum tidur. Pola kesibukkan orangtua yang berubah juga membuat kebiasaan membaca dongeng sebelum tidur menjadi sulit diterapkan. Orangtua yang pulang larut malam tentu sudah tidak mungkin membacakan dongeng untuk si buah hati yang sudah lelap tidur.

Padahal rutinitas sederhana ini manfaatnya besar bagi tumbuh kembang si kecil.

Baca Juga:Masih Dalam Kandungan Saja Bayi Sudah Belajar Banyak Loh

Seperti yang dilansir dari Times Of India, sebuah studi terbaru menyatakan kalau dongeng sebelum tidur mampu membuat kinerja otak anak-anak berkembang dengan lebih optimal. Bahkan dengan dongeng, daya imajinasi dan kreativitas anak akan lebih cepat meningkat ketimbang pembelajaran yang diberikan dengan metode visual.

Dongeng Sebelum Tidur Ternyata Bisa Menstimulasi Imajinasi

Lebih dari itu, seorang pendongeng asal Inggris, Jo Blake Cave, menyatakan jika dongeng merupakan sebuah bentuk seni konvensional yang mampu mengantarkan anak-anak menuju tingkat imajinasi tingkat tinggi dalam hal visualisasi kejadian, plot cerita serta penggambaran karakter secara nyata. Tidak hanya itu, cerita dongeng pun akan tetap hidup dalam pikiran anak-anak.

Banyak pakar psikologi  juga membicarakan tentang kebiasaan dongeng sebelum tidur ini. Mereka menyatakan jika sekarang ini banyak imajinasi anak-anak yang mati dengan cepat sehingga membawa mereka lebih cepat dewasa sebelum usianya. Semua itu merupakan produk nyata dari internet di sosial media, karena sebagai orangtua anda akan sulit menyaring informasi yang diterima oleh si buah hati dari media-media tersebut.

Selain itu, bahkan dalam sebuah penelitian lainnya menyatakan jika anak yang tumbuh dengan keluarga pendongeng, akan mampu tumbuh dengan imajinasi dan kreativitas yang lebih tinggi. Mereka pun memiliki empati yang sangat tinggi dan memiliki karakter yang jauh lebih positif ketimbang anak-anak yang hidup dan dibesarkan dengan gadget.

Dibaca 236 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>