Coba Cara Ini Untuk Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini

June 11, 2015 Tips Handal  No comments

Anak Berpuasa

Saat bulan Ramadhan tiba, pasti semua umat muslim yang sudah wajib untuk melaksanakan ibadah puasa akan berpuasa. Kewajiban berpuasa ini tidak berlaku pada anak yang belum baligh. Tapi tidak ada salahnya loh untuk mengenalkan si kecil dengan kewajibannya tersebut kelak. Melatih Anak Berpuasa ini bisa dilakukan dari usianya 4 tahun.

Tapi walaupun dari usia yang masih muda tersebut sudah bisa Melatih Anak Berpuasa, tetap harus di perhatikan ya kondisi si anak, dan tentunya juga kemampuannya. Karena pada dasarnya tidak semua kondisi fisik seorang anak itu sama.

Yuk, Bunda Lindungi Si Kecil dari Asma

Perlahan-lahan bisa Melatih Anak Berpuasa dengan beberapa cara di bawah ini :

Jelaskan Arti Dari Puasa

Gunakan Bahasa dan ringan saat memberi pengertian tentang puasa, dan berilah makna dan arti puasa itu sendiri menurut sisi agama dan manfaat dari puasa itu sendiri. Jangan mematok anak pada puasanya, tapi lebih ke arti dari puasa itu sendiri. Berikan penjelasan dengan Bahasa yang mudah dimengerti seperti dongeng atau bisa juga tontonan tentang puasa untuk anak-anak.

Ajaklah Anak Tidur Lebih Cepat

Mengajak anak tidur lebih cepat akan membantu waktu pola tidurnya yang tentunya akan terganggu saat bangun untuk sahur. Jangan di paksakan jika si kecil sulit bangun. Maka dari itu, tidurlah lebih cepat agar si kecil tidak akan terlalu mengantuk saat bangun saur.

Ajarkan Bertahap

Jika belum wajib, ajarkan si kecil untuk bangun sahur bersama dan puasanya hingga setengah hari. Dengan demikian nantinya saat ia sudah baligh, ia akan terbiasa dan mampu menunaikan ibadah puasa sesuai waktunya.

Buatlah Kegiatan Sahur Lebih Menyenangkan

Buat saat sahur menjadi waktu dimana si kecil menunggunya, misalnya saat saur si kecil bisa bertemu dengan makanan favoritnya, atau suasana hangat dan penuh kasih saying juga akan membuat si kecil nyaman dan lebih menyukai untuk bangun sahur ketimbang tidur.

Ibu Handal Kasih Tips Sahur Sehat di Bulan Ramadhan

Sibukkan Anak Saat Puasa

Cipakan kegiatan yang si kecil suka tanpa harus menguras tenaga, kalau untuk anak laki-laki bisa mengajak mereka untuk merakit mainannya bersama. Sedangkan untuk anak perempuan, bisa ajak ke dapur untuk membuat kue bersama.

Beri Hadiah

Berilah si kecil penghargaan jika ia berhasil melewati target yang di berikan, atau bahkan bisa lebih dari targetnya. Jangan takut si kecil bakal jadi matrealistis, selain pelukan dan motivasi, ia juga akan lebih menghargai sesuatu yang ia dapat dengan jeri payahnya.

Jadi Contoh Yang Baik

Contohkanlah apa yang di ajarkan pada si kecil dengan cara yang baik, sadar tidak sadar, si kecil pun akan menjadikan hal tersebut sebagai acuan, karena orang tua adalah panutan bagi seorang anak.

Kurang lebih, itulah beberapa contoh cara untuk Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa ya.

Anak Berpuasa

Dibaca 239 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>