Cara yang Orangtua Bisa Lakukan Untuk Membangun Kecerdasan Emosional Anak

December 5, 2012 Tips Handal  No comments

Kecerdasan emosional terdiri dari 4 aspek yakni kesadaran diri, kemampuan mengelola diri, kesadaran sosial dan kemampuan untuk mengelola interaksi dengan lingkungan sosial. Sebagai orang tua, Moms diharapkan mampu menjadi katarsis atau sarana penyaluran emosi yang nyaman bagi anak dalam mengoptimalkan kecerdasanemosional pada sang buah hati.
Tidak hanya itu, orang tua diharapkan juga mampu mengenalkan kecerdasan emosional sejak dini. Dalam mengenalkan hal baru ini, orang tua sebaiknya menggunakan bahasa yang sudah dikenal baik oleh anak, jadi anak akan mudah dan cepat mengerti tentang kecerdasan emosional tersebut.
Cara yang paling mudah dan efektif adalah mengajarkan cara mengekspresikan perasaan. Mempelajari mengekspresikan perasaan, baik itu perasaan sedih, marah atau senang akan membuat sang buah hati mampu dengan mudah mengutarakan perasaannya kelak.
Menurut seorang psikolog bernama dr Rose Mini AP MPsi, ketika mengajarkan atau bertanya tentang perasaan anak sebaiknya jangan dengan memarahinya. Misalnya mengomeli anak ketika melihatnya sedang cemberut atau melarang anaknya ketika ia sedang menari-menari melihat TV.
Karena anak yang masih di usia dini masih sangat membutuhkan perhatian dan pengertian maka cara memberitahunya dengan cara halus dan nada yang serta menambahkan panggilan sayang. Contohnya ‘Kenapa sayang, kok cemberut?’ atau ‘jogetnya lucu ya’ dan sebagainya. Tugas orang tua tidak sampai di situ, Moms perlu juga mendengarkan apa yang sang anak ungkapkan. Dengan begitu, anak akan nyaman ketika mengungkapkan isi hatinya ke orang tua.
Memiliki kecerdasan emosional dapat membangun seseorang menjadi pribadi yang sehat, hal tersebut berkat kemampuan lebih dalam mengekspresikan apa yang ada dipikirannya dan dalam mengungkapkan perasaanya secara tulus. Kecerdasan emosional merupakan bekal utama seseorang dalam bersosialisasi.

Dibaca 322 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>