Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Selama Bulan Ramadhan

July 11, 2014 Tips Handal  No comments

Mengelola uang saat belum menikah dan sudah menikah sangat berbeda. Akan semakin terasa setelah punya baby. Mungkin bunda sudah pengalaman soal ini. Nah, bagaimana keadaan finansial keluarga selama bulan ramadhan?

Biasanya menjelang bulan ramadhan harga bahan pokok dan makanan naik, semakin mendekati lebaran malah akan terus melonjak. Kalau tidak pintar-pintar mengatur keuangan rumah tangga, bisa jadi tengah bulan dana belanja sudah terkuras nih bun.

Bunda, tau gak bagaimana caranya mengatur keuangan rumah tangga selama ramadhan ini? Disimak dulu yuk bun, mungkin ini bisa membantu dalam membenahi finansial keluarga untuk beberapa minggu ke depan.

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Selama Bulan Ramadhan

1. Daftar Belanja Prioritas

Buat list kebutuhan tentang barang apa saja yang penting untuk dibeli selama bulan ramadhan ini. Selanjutnya buat list terpisah untuk kebutuhan hari raya. Mulai dari kebutuhan dapur dan kebutuhan rumah tangga lainnya, menu untuk hari raya, belanja menu harian sampai pakaian hari raya untuk anak-anak. Semua kebutuhan dicatat dan masukan list sesui pos kebutuhannya.

Bila sudah di list semua yang ingin dibeli, kembali urutkan atau beri tanda mana urutan dari yang terpenting sampai yang bisa ditunda dulu. Cara mengatur keuangan seperti ini memang terkesan membatasi tapi akan membantu keuangan bunda sampai bulan selanjutnya. Selain itu supaya bunda fokus dan mengingat barang mana yang perlu dibeli atau tidak.

2. Tetap Punya Simpanan

Bila dalam keluarga keduanya bekerja, bisa jadi finansial keluarga akan lebih aman. Semua bisa ditanggung bersama. Namun, bila hanya suami yang bekerja bunda tetap harus punya simpanan. Jadi, menjelang lebaran tentu akan mendapat gaji dan THR. Kebutuhan yang tadi sudah di list, sebaiknya belanjakan cukup menggunakan uang THR saja.

Simpan gaji untuk kehidupan selanjutnya selepas hari raya. Jika gaji juga dibelanjakan sebelum hari raya, walaupun dipakai sedikit-sedikit, tanpa disadari nantinya akan habis. Akibatnya finansial keluarga bulan depan bisa terganggu.

3. Sediakan Kebutuhan Keluarga Sesuai Kemampuan

Bunda di dalam keluarga memiliki peran penting, karena bunda adalah orang yang menentukan gaya hidup untuk keluarga.

Apa yang bunda siapkan untuk anak-anak dan suami, itulah gaya hidup keluarga Anda. Pakaian yang digunakan anak-anak, makanan yang dihidangkan untuk keluarga itu semua adalah pilihan bunda. Maka itu, sediakan kebutuhan keluarga sesuai kemampuan.

Disini bukan berarti bunda menahan apa yang ingin bunda belanjakan. Bunda tetap bisa bebas memilih yang bunda inginkan. Akan tetapi yang perlu diingat, ciptakanlah gaya hidup sesuai dengan kemampuan finansial keluarga.

4. Bebas Hutang Tidak dengan Cara Mengutang

Hidup ‘gali lubang tutup lubang’ sudah tidak jaman. Jangan biasakan membayar hutang dengan mengutang di tempat lain. Biaya rutin seperti sekolah anak, listrik, air, dan uang kebersihan bisa dikatakan ini adalah hutang yang memang tagihannya akan datang setiap bulan. Ini wajib dibayar menggunakan uang sendiri. Bayaran ini bisa tetap mengambil dari gaji, tapi bila THR sangat berlebih, bunda bisa sekalian gunakan dari uang tersebut.

5.Rencakan Mudik dengan Baik

Bagi keluarga yang memiliki rencana untuk mudik, sebaiknya dipersiapkan dengan baik. Seperti akomodasi dan perkiraan pengeluaran selama mudik. Tentukan berapa lama mudik dan buat skema tentang perjalanan mudik. Jadi bunda bisa memiliki perkiraan apa dan berapa biaya yang diperlukan. Sebaiknya gunakan uang THR dan tidak menggunakan gaji untuk anggaran mudik. Hal yang paling penting jangan mudik dengan cara berhutang kepada orang lain.

Cara mengatur keuangan rumah tangga selama bulan ramadhan di atas adalah cara mengatur dalam jangka pendek. Mengatur keuangan dengan cara cerdas justru akan membuat kita merasa bebas bergerak di bulan selanjutnya. Tidak terlibat hutang dan bisa hidup bebas.

Untuk mempelajari cara mengatur uang dan simpanan dengan benar, bunda bisa download aplikasi DBS Smart Money. Game simulator yang dibuat untuk membantu kita, para penggunanya untuk bisa belajar mengelola keuangan dan bisa merasakan kebebasan finansial. Saya bisa mainkan game simulator ini disela-sela waktu mengurus rumah. Semoga info ini bermanfaat ya bun, silakan komentar bagi Anda yang memiliki tips atau masukan lain seputar cara mengatur keuangan.

Dibaca 693 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>