Cara Mencegah Kekerasan Pada Anak

April 24, 2014 Tips Handal  No comments

Cara Mencegah Kekerasan Pada Anak

Biar bagaimanapun kekerasan pada anak merupakan kejahatan sosial dan budaya yang dapat merusak psikologi anak. Kita sebagai orangtua harus selalu waspada untuk melindungi putra-putri dari kekerasan anak yang bisa menimpa siapa saja. Seorang anak belum mengerti dari kekerasan itu sendiri. Mereka juga belum sadar ketika kekerasan menimpa mereka.

Apa yang harus bunda lakukan untuk mencegah kekerasan pada anak?

Cara Mencegah Kekerasan Pada Anak

Jelaskan tentang arti kekerasan

Sebagian besar orangtua masih menganggap tabu menggunakan kata-kata seperti seks atau penganiayaan ketika memberi pemahaman kepada anak. Bunda harus berbicara secara terbuka sehingga mereka mampu memahami apa itu kekerasan pada anak. Cara yang paling sederhana adalah dengan mengatakan bahwa mereka tidak boleh membiarkan siapapun menyakiti diri mereka.

Perhatikan orang-orang yang berada di sekeliling anak bunda

Mewaspadai orang-orang di sekeliling anak yang memiliki potensi untuk melakukan kekerasan. namun rasa waspada jangan berlebihan.

Jangan meninggalkan anak sendirian tanpa ada orang terdekat bunda yang mengawasi

Jika bunda hendak menitipkan anak sebaiknya titipkan kepada orang terdekat yang bunda percaya seperti neneknya.

Kenali tanda-tanda kekerasan

Selalu mengecek apakah ada tanda-tanda kekerasan anak pada tubuhnya setiap hari.

Biasakan anak untuk selalu terbuka terhadap bunda

Sikap anak yang terbuka akan selalu menceritakan apa saja yang dilakukannya terhadap orangtua mereka. Hal ini akan membuat bunda tahu siapa saja orang-orang yang berinetraksi dengan anak dan semua kegiatan yang dilakukannya. Hal tersebut menjadi penting ketika bunda adalah seorang wanita karir yang lebih banyak meninggalkan anak pada siang hari.

Kenali rasa takut anak

Korban kekerasan anak akan terlihat dari keceriaannya yang berubah menjadi pendiam scara tiba-tiba. Atau terlihat takut saat berangkat ke suatu tempat. Telusuri apa yang membuat anak bersikap demikian lalu tanyakan secara perlahan.

Semoga tips ini bisa membantu para bunda untuk selalu menjaga putra-putri dari kekerasan anak ya. Silakan berbagi jika ada tips lain yang mungkin belum saya bahas. Semoga bermanfaat ya bun.

Dibaca 1063 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>