Cara-Cara Efektif Memenuhi Kecukupan Nutrisi Si Kecil

December 18, 2012 Tips Handal  No comments

Akibat dari anak yang suka memilih-milih makanan salah satunya adalah asupan nutrisi yang tidak seimbang. Hal ini yang membuat orangtua harus memikirkan cara yang ampuh supaya anaknya dapat tumbuh dengan ideal. Di bawah ini ada beberapa cara yang efektif dalam memenuhi asupan nutrisi pada anak:
1. Tidak memaksakan selera makan anak
Anak yang sedang tidak lapar, sebaiknya jangan dipaksakan untuk makan. Begitu juga halnya dengan memberikan makanan bergizi, sebaiknya orangtua tidak memaksakan karena itu dapat membuat anak menjadi keras kepala dan tidak mau merubah keputusannya untuk memakan makanan bergizi tersebut.
2. Tentukan jadwal rutin makan anak
Dengan membuat jadwal makan rutin anak akan membangkitkan rangsangan tubuh terhadap kebutuhan makan.
3. Orangtua perlu bersabar dalam mengenalkan makanan baru
Cara baru yang bisa Moms lakukan adalah dengan bertanya kepada anak tentang segala hal dari makanan baru tersebut seperti warna, bentuk, aroma, dan sebagainya.
4. Sajikan makanan dalam bentuk yang menarik dan kreatif
Betuklah makanan yang bisa dibentuk sesuai dengan kesukaannya. Dan sajikan makanan sehat tersebut dengan kreatif seperti menambahkan sayuran-sayuran di makanan yang akan disajikan.
5. Hidari anak dari hal yang dapat menggunya ketika makan
Mematikan TV dan alat-alat elektronik lainnya ketika jam makan akan memfokuskan anak pada makanannya.

Dibaca 346 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>