Cara Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil Besar

October 6, 2015 Tips Handal  No comments

55. Cara Atasi Nyeri Punggung Saat Hamil Besar2

Nyeri punggung pada trimester tiga sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan perubahan fisik perut yang semakin membesar dan terus mengalami pertambahan berat badan yang bisa mengakibatkan syaraf punggung tegang.

Selian itu, kondisi perut yang buncit bisa membuat dua otot parallel bergerak dari rangka tulang rusuk sampai tulang pinggang terpisah. Perpisahan tersebut lah yang bisa membuat punggung terasa nyeri selama kehamilan.

So, supaya nyeri punggung ini tidak berlarut-larut, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini. Seperti yang dilansir mayoclinic.org

Gumoh dan Muntah Itu Berbeda!

Olahraga

Olahraga dengan rutin bisa membantu memperkuat otot dan flesibilitas untuk proses persalinan. Olahraga juga bisa membantu mengurangi stress dan tekanan pada tulang belakang. Olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil adalah berenang, bersepeda statis, dan berjalan.

Tidur dengan posisi miring

Ketika tidur, anda bisa miringkan tubuh dengan kedua lutut tertekuk. Hindarilah untuk tidur terlentang, karena bisa membuat punggung anda tertekan dan tidak nyaman. Bisa juga ditambah bantal untuk mengganjal perut.

Kenali Gejala Alergi Susu Formula

Kompres dingin dan panas

Mengopres bagian punggung yang terasa nyeri bisa membantu mengurasi rasa sakit saat hamil besar. Anda bisa mulai dengan kompres dingin, kemudan di lanjut dengan kompresan yang lebih panas.

Akupuntur

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa akupuntur bisa membantu mengurangi rasa nyeri punggung saat hamil. Jika anda ingin mencoba cara ini, pastikanlah anda mendapat bantuan dari dokter ahli untuk menjamin keamanan kehamilan anda.

 Nyeri Punggung

Dibaca 363 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>