Benci Nasi, Ibu Hamil tetap Sehat

October 16, 2013 Tips Handal  No comments

Benci-Nasi-Ibu-Hamil-tetap-Sehat

Ngidam

Saat seorang ibu hamil ngidam tentu saja mau tidak mau-suka tidak suka apa yang diinginkannya akan dipenuhi. Mitos takut anaknya ‘ileran’ adalah alasannya. Makanan yang diidamkan oleh ibu hamil pun terkadang belum jelas membuat ibu hamil sehat atau tidak, karena kondisi setiap ibu hamil berbeda. Dan parahnya, selain ngidam masalah lain pada ibu hamil yang berhubungan dengan makanan ini adalah benci nasi. Bagaimana ibu hamil sehat jika ia benci nasi?

ibu hamil sehat
gambar: merdeka.com

Bubur

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk menangani ibu hamil sehat yang benci nasi adalah mencoba menggantinya dengan bubur. Bubur bisa menjadi alternatif karena memiliki kandungan yang sama dengan nasi, bahkan bisa lebih karena bahannya berbeda. Sehingga ibu hamil tetap sehat.

Apabila diberi bubur beras tidak menjadi solusi karena masih tercium seperti bau nasi, maka pilihannya ada pada bubur kacang hijau. Kacang hijau bahkan sangat disarankan untuk ibu hamil karena kaya akan kandungan kalsium dan fosfor. Kedua zat ini sangat bagus untuk pertumbuhan tulang. Kelebihan lainnya adalah sedikitnya kandungan lemak sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir dengan masalah kegemukan. Kandungan proteinnya juga tinggi, yang mampu merangsangan pertumbuhan sel termasuk untuk pertumbuhan rambut bayi. Rambut bayi pun bisa tebal saat lahir nanti dan saat mengandungnya pun pun ibu hamil ini sehat.
Ada juga bubur menado. Bubur ini memang bubur beras, tetapi dengan aneka sayuran dan bumbu yang ditambahkan menjadikan bubur ini tidak seperti bubur beras biasa. Sayurannya juga akan memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil sehat.

Bubur jagung. Menu ini sangt disarankan sebagai menu harian bagi ibu hamil sehat. Asam folat yang terkandung dalam jagung sangat penting dalam masa kehamilan. Selain ibu hamil sehat mengkonsumsi ini, ini juga penting bagi kesehatan bayi. Kandungan asam folat sangat penting di tiga bulan pertama masa kehamilan untuk mencegah kecacatan pada bayi. Karena, dengan kekurangan zat ini bisa berpengaruh pada berat badan bayi.

Ada juga yang namanya bubur jali. Jali (Coix lacryma-jobi L) merupakan tumbuhan sejenis serelia. Mengkonsumsi bubur jali bisa menjadikannya sebagai sumber karbohidrat dan melancarkan pencernaan selama masa kehamilan.

Jadi, bubur bisa menjadi solusi sebagai makanan ibu hamil sehat.

Dibaca 942 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>